10 Tahun hadir di Sidoarjo, CitraGarden perkuat segmen premium

Jum'at, 10 April 2015 | 15:59 WIB ET
(KB/Purna Budi Nugraha)
(KB/Purna Budi Nugraha)

SIDOARJO, kabarbisnis.com: Sebagai kota satelit di Jawa Timur, Sidoarjo terus mengalami perkembangan, salah satunya dari sektor properti. Kondisi ini juga didukung oleh pergeseran segmen pasar, yang sebelumnya hanya terbatas pada properti segmen menengah bawah, kini mulai mengarah ke segmen premium.

Salah satu yang berani memprosisikan diri menggarap properti di segmen ini adalah pengembang perumahan CitraGarden. Kelompok usaha Ciputra ini kini mulai memfokuskan diri ke proyek rumah premium dengan harga Rp 1,4 miliar hingga Rp 3,5 miliar per unit.

General Manager CitraGarden Sidoarjo, Vica Yustisiana Wirastuti mengatakan, meski pasar segmen premium di Sidoarjo tidak sebesar Surabaya, namun potensi pasarnya ada dan terus mengalami pertumbuhan. Terbukti, beberapa tipe premium yang ia pasarkan selama ini juga mampu diserap pasar.

"Dan menariknya, sebagian besar konsumennya adalah warga Sidoarjo. Bukan para pendatang atau warga Surabaya yang ingin memiliki rumah kedua, dan sebagainya," kata Vica di CitraGarden Sidoarjo, Jumat (10/4/2015).

Pihaknya sendiri telah mempersiapkan lahan seluas 9,3 hektare untuk membangun tipe-tipe premium tersebut di klaster terbarunya, GreenHill. Sebelumnya, pengembang ini lebih banyak memasarkan rumah segmen menengah. Pertama hadir di Sidoarjo tahun 2005, pengembang ini menggarap proyek seluas 25 hektare dan sudah habis terjual. 

Nah, di klaster GreenHill yang merupakan lahan tambahan, pihaknya bakal membangun sebanyak 381 unit rumah yang sebagian besar adalah rumah dua lantai.

"Dari jumlah tersebut memang ada rumah segmen menengah satu lantai, namun hanya sekitar 80 unit saja, dan tinggal tersisa 10 unit. Harganya mulai Rp 800 jutaan per unit," jelas Vica.

Di klaster GreenHill, selain dari sisi tipe rumah untuk memperkuat segmentasi premium, pengembang CitraGarden juga mengusung konsep smart home and green yang memenuhi standar Millenium 3P connestion. Selain juga one gate system by ID Card, hutan kota, playgroun children, pedetrian riverside, running and cycling line, hingga rendezvous community.

Marketing Manager Citra Garden Sidoarjo, Andreas Yosianto menambahkan, tren rumah dua lantai yang berkembang saat ini ikut mendorong keseriusan pihaknya fokus di segmen premium. "Orang sekarang lebih berfikir praktis. Mereka sudah membandingkan rumah 1 lantai dengan dua lantai yang hanya selisih harganya tidak signifikan, tentu lebih memilih rumah dua lantai. Karena untuk membangun atau menambah lantai di atas sendiri juga selain butuh biaya besar, juga ribet," paparnya.

Oleh karena itu pihaknya optimistis dengan penjualan di klaster GreenHill tersebut. "Dari total 381 unit tersebut, sudah terjual 181 unit. Kita optimistis hingga akhir tahun ini ada penjualan sekitar 100 unit," ujar Andreas. kbc7

Bagikan artikel ini: