Presiden Jokowi janji tambah dana riset

Selasa, 14 April 2015 | 06:18 WIB ET

BANTEN, kabarbisnis.com: Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjanji akan menambah dana riset mengingat pentingnya penelitian khususnya untuk sektor vital, tranportasi dirgantara dan maritim. 

"Dana-dana riset diperbesar, nanti banyak ke LIPI. Dalam waktu jangka panjang (bisa diwujudkan) sebuah produk yang ekonomis dapat digunakan," kata Presiden Jokowi di gedung Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek), Serpong, Banten, Senin (13/4).

Presiden Jokowi menghadiri acara National Inovation Forum (NIF) dan menyaksikan penandatangan 27 nota kesepahaman antara perguruan tinggi dan industri serta meninjau pameran produk-produk hasil penelitian.

Jokowi mengakui dana riset untuk saat ini memang relatif kecil. Ke depan, riset akan dilakukan lebih fokus lagi ke bidang-bidang strategis seperti dirgantara dan maritim.

Selain untuk penambahan anggaran riset, pemerintah juga berkewajiban memberi insentif riset khususnya penelitian yang bisa digunakan untuk kebutuhan industri. Lebih jauh presiden juga sempat menyinggung adanya pembagian share kepada peneliti di sektor industri tergantung pentingnya hasil riset yang bisa dikerjakan. kbc10

Bagikan artikel ini: