Waringin incar miliki 11 hotel di akhir 2015

Jum'at, 28 Agustus 2015 | 17:18 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Perusahaan operator hotel Waringin Hospitality melihat masih adanya potensi pasar di bisnis perhotelan di Tanah Air khususnya di segmen bintang 2 dan 3. Menurunnya daya beli masyarakat seiring perlambatan perekonomian justru dipandang sebagai peluang.

Presdir Waringin Hospitality-Hotel Group, Herry Suwandi mengatakan, hingga akhir tahun 2015 ini, pihaknya menargetkan bisa mengoperasikan sedikitnya 11 hotel di sejumlah kota di Tanah Air. Saat ini, Waringin Hospitality telah mengoperasikana 8 hotel di Jakarta dan Surabaya.

"Kita masih fokus di hotel bintang 2 dan 3 karena memang selain potensi pasarnya cukup besar, untuk investasi juga masih feasible karena proyeksi BEP-nya tak butuh waktu lama sekitar 4-6 tahun," kata Herry di sela grand opening Luminor Hotel Surabaya, Rabu (26/8/2015).

Empat hotel baru yang sudah dibangunnya dan ditargetkan bisa beroperasi di tahun ini yakni berlokasi di Bandung, Jakarta, Jambi, dan Surabaya. Brand-brand yang dibenamkan Waringin yakni Hotel 88, Luminor, dan Zena.

Herry optimistis meski saat ini pertumbuhan ekonomi nasional terbilang cenderung melambat, seiring pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS). "Justru dengan pelemahan daya beli masyarakat ini, yang kita lihat mereka masih ada potensi, hanya saja menurunkan grade. Misalnya yang sebelumnya nginap di hotel bintang 4 atau 5 sekarang memilih bintang 3. Ini yang membuat kami optimistis," ujarnya.

Tak heran, di setiap hotel yang dikelolanya, dia mematok tingkat okupansi minimal 60%, dan dia bersyukur selama ini target itu bisa tercapai.

Terkait pasar Surabaya, Herry bilang jika potensinya masih terbuka, meski dalam beberapa tahun terakhir hotel-hotel baru bermunculan. Di Surabaya sendiri, Waringin telah mengoperasikan Luminor di Jalan Jemursari dan Hotel 88 di Jalan Embong Malang.

General Manager Luminor Hotel Jemursari Surabaya, Yulianto Sumarto menyebut, Luminor Hotel memiliki 174 kamar dengan tipe kamar yang berbeda yaitu : deluxe, Executive dan Suite Room. Terdapat 5 ruang pertemuan dan 1 Ballroom yang dilengkapi audio visual dan Gym, Luminor memiliki ROCK ‘n SUGAR Coffee & Bistro yang buka 24 jam penuh.

"Kami mengusung konsep Smart and Casual dengan desain interior loby dan resto yang unik dipadu sentuhan suasana modern. Ini diharapkan bisa memiliki daya tarik tersendiri bagi tamu, khususnya pebisnis yang mencari lokasi dekat dengan bandara dan daerah industri," jelasnya. kbc7

Bagikan artikel ini: