Flexi siap antisipasi kerusakan jaringan saat bencana alam

Jum'at, 2 Oktober 2009 | 14:52 WIB ET

SURABAYA - Telkom Flexi, layanan CDMA milik PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom), menyiapkan diri untuk mengantisipasi kerusakan jaringan bila ada bencana alam di Jatim. Mereka menyiapkan 5 mobile genset yang dibeli dengan investasi Rp4 miliar, 29 mobile BTS, dan portable genset.

GM Telkom Area Surabaya Divisi Fixed Wireless Network Ketut Budi Utama mengatakan, Telkom Flexi sudah melakukan banyak persiapan bila ada bencana alam yang bisa merusak BTS milik perseroan.

"Kami bukannya berharap, tapi hanya mengantisipasi mengingat intensitas bencana dewasa ini cukup tinggi," ujar Ketut kepada kabarbisnis.com di Surabaya, Jumat (2/10/09).

Menurut Ketut, Telkom Flexi sudah menyiapkan 5 mobile genset yang sewaktu-waktu bisa dikirim ke lokasi BTS yang rusak, terutama jika pasokan listrik terhenti karena ada bencana. Mobile genset itu bisa digunakan untuk mengisi dan memulihkan kerja BTS.

"Secara umum, sebenarnya jaringan kami sangat aman karena BTS-nya banyak ada 1.300 BTS dan cukup rapat. Jadi, kalau ada BTS mati, masih bisa dikawal lainnya," terangnya.

Selain mobile genset, kata Ketut, Telkom Flexi juga sudah menyiapkan 29 mobile BTS yang langsung bisa dipakai bila sewaktu-waktu ada BTS yang rusak atau roboh karena bencana alam.

"Tidak hanya itu, kami juga bisa mengandalkan portable genset milik mitra Telkom penyedia tower. Kami hanya tinggal membantu dari sisi transportasinya," tuturnya.

Menurut Ketut, semua alat antisipasi itu dirasa sudah cukup untuk mengantisipasi bila ada bencana alam yang mengakibatkan rusaknya jaringan.

"Kami masih belum berencana menambah peralatan yang ada karena alat yang ada sudah cukup. Lagipula cukup mahal untuk menambah alat baru, seperti mobile genset yang harga per unitnya mencapai Rp800 juta," tuturnya.

Selama ini, untuk keperluan perawatan BTS, perseroan mengeluarkan biaya Rp20 juta per bulan di luar biaya sewa portable genset dan bahan bakar yang mencapai Rp18 juta. kbc5

Bagikan artikel ini: