Genjot pasar ekspor, Mustika Ratu incar tiga negara ini

Kamis, 8 Oktober 2015 | 18:16 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Mustika Ratu Tbk terus berupaya untuk memperbesar pasar ekspornya. Saat ini, Mustika Ratu tengah menjajaki kerjasama untuk bisa ekspor jamu ke Korea Selatan, Myanmar, dan Jepang.

Dwi Putri Yanthi Muazd, Associate Director Corporate Mustika Ratu mengatakan, tiga negara tersebut sudah menyatakan ketertarikannya dengan produk jamu Mustika Ratu. Rencananya, penandatanganan kerjasama dengan calon mitra di tiga negara tersebut bakal dilakukan tahun ini juga.

Dengan bertambahnya tiga negara tujuan ekspor tersebut, diharapkan dapat mendongkrak ekspor Mustika Ratu menjadi 7% terhadap pendapatan, dari sebelumnya kurang dari 5%.

Perusahaan yang berkode saham MRAT di Bursa Efek Indonesia (BEI) ini sejatinya berharap pasar ekspor bisa berkontribusi terhadap pendapatan sebesar 11% di tahun ini. Namun target tersebut direvisi seiring dengan melemahnya perekonomian dunia. "Terutama Malaysia, ekspor kita sepi," kata Yanthi, Rabu (7/10/2015).

Saat ini, Malaysia menjadi pasar ekspor terbesar Mustika Ratu, yaitu mencapai 50%. Sedangkan sisanya dari Timur Tengah, Jerman, Nigeria, Afrika Selatan, Timur-Timur, dan Rusia.

Mayoritas negara ekspor ini memesan produk jamu Slimming Tea dan Body Care. Dua produk tersebut menyumbang 60% dari total produk yang di ekspor. kbc10

Bagikan artikel ini: