Cara mengatur karyawan biar tak ruwet untuk bisnis UMKM

Senin, 12 Oktober 2015 | 10:14 WIB ET
UMKM batik
UMKM batik

SELAMA ini, banyak usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) kerap kesulitan dalam mengelola sumberdaya manusia (SDM) alias karyawannya. Permasalahan loyalitas, kompetensi, hingga konsisten kerja menjadi halangan.

Nah, berikut sejumlah tips untuk Anda para pelaku UMKM.

Pertama, pahamilah bahwa membutuhkan waktu cukup lama untuk membangun komitmen karyawan. Komitmen tidak bisa dibangun dalam waktu sehari atau seminggu. Terus dekatilah karyawan, beri mereka teladan, sehingga bisa tercipta keterikatan yang kuat di perusahaan Anda.

Pendekatan bisa dilakukan secara personal. Berbicaralah dari hati ke hati dengan karyawan Anda. Dari sana akan muncul rasa saling percaya sehingga tercipta komitmen dan loyalitas.

Kedua, beri karyawan pelatihan dan cara-cara lain untuk meningkatkan kompetensinya. Dengan diikutkan pelatihan, seminar, atau workshop, kompetensi karyawan akan meningkat, yang bisa bermanfaat pada peningkatan kinerja perusahaan Anda.

Ketiga, terus jaga kualitas karyawan. Meski telah ada komitmen dan beragam program pelatihan, Anda tetap perlu turun langsung memantau kualitas hasil kerja karyawan. Sistem pengawasan ini akan membuat proses kerja menjadi lebih sehat. Ada rasa saling percaya dan rileks dalam bekerja, namun tetap fokus pada kualitas. kbc4

Bagikan artikel ini: