Nih resep agar memiliki jaringan kerja dan bisnis luas

Senin, 12 Oktober 2015 | 19:03 WIB ET

AKTIVITAS berjejaring atau networking kadang menjadi hal yang menyebalkan, karena mungkin kita akan dipandang sebelah mata orang tersebut. Atau bahkan sebaliknya, kita yang memandang sebelah mata orang tersebut.

Tentunya Anda ingin membangun relasi, supaya dapat meningkatkan bisnis Anda. Namun uniknya, jika Anda tidak menilai seseorang dari potensinya maka kemungkinan besar Anda memiliki lebih banyak bisnis dan kegiatan menyenangkan?.

Berikut ini adalah 3 tips supaya Anda lebih lihai dalam berjejaring dilansir dari entrepreneur:

1. Asumsikan setiap orang adalah penting bagi Anda

Jangan memaksakan kalau kamu lebih nyaman menjadi karyawan.

Ketika Anda melakukan kegiatan bersama dengan orang baru, anggaplah mereka seolah-olah orang paling menarik, dan paling berpengaruh di dunia. Jika Anda tidak bisa berlama lama mengbrol dengannya, gunakanlah etika yang baik untuk mengakhiri percakapan, namun saat Anda mengobrol dengannya perlakukan mereka dengan hormat .

2. Asumsikan mereka kenal dengan orang yang ingin Anda temui

Karyawan juga membutuhkanmu sebagai atasan untuk menyemangati mereka agar kinerja mereka meningkat.

Anggap mereka mengetahui seseorang yang ingin Anda temui. Asumsikan  mereka tidak akan memperkenalkan Anda kepada orang-orang tersebut kecuali ia mempercayai Anda. Anggap mereka adalah orang yang menjembatani Anda untuk bertemu dengan para investor besar.

3. Asumsikan semua orang membutuhkan sesuatu

Kita sering tidak mengetahui apa yang mereka butuhkan, atau kita tidak menyadari mereka membutuhkan pertolongan.

Asumsikan mereka butuh tempat untuk sekadar curhat, atau mungkin mereka ingin dikenalkan dengan seseorang yang Anda kenal, atau bisa saja mereka membutuhkan solusi dari masalah yang mengganggu mereka.

Bagikan artikel ini: