Resep jitu membangun startup

Jum'at, 23 Oktober 2015 | 11:08 WIB ET

MEMBANGUN startup adalah langkah awal memiliki bisnis yang besar. Namun tentu saja tidak semua startup mampu bertransformasi menjadi sebuah bisnis besar, malah banyak pula startup yang gulung tikar tak lama setelah launching. Kegagalan startup-startup tersebut dipicu oleh berbagai macam faktor yang mungkin sebelumnya telah diketahui maupun tidak diketahui.

Agar startup yang Anda bangun nantinya, tidak mengalami kegagalan seperti jutaan startup lain, Anda patut untuk mengetahui kunci sukses membangun startup berikut, dikutip dari mebiso.com:

1. Miliki passion yang kuat

Passion adalah hal pertama yang harus dimiliki oleh pendiri startup,  karena jika Anda memiliki passion yang kuat maka tidak ada yang mampu menggoyahkan startup Anda untuk tumbuh dan berkembang, meskipun banyak hal yang terjadi diluar pengetahuan Anda. Ingatlah bahwa jalan keluar pasti akan selalu ditemukan bagi orang-orang yang memiliki passion yang kuat, karena mereka akan terus mencari dan mencari penyelesaian dari setiap masalah yang timbul.

2. Perencanaan yang matang

Dalam membuat sebuah bisnis Anda harus serius dan tidak bermain-main. Tanda bahwa Anda serius dapat dilihat dari perencanaan dan target yang Anda buat.

3. Eksekusi tindakan

Rencana yang matang tidak ada artinya jika tanpa diimbangi tindakan yang sesuai. Lakukan tindakan-tindakan yang perlu diambil dan hindari tindakan yang membahayakan bisnis Anda.

4. Berdasarkan pada kebutuhan publik

Bayangkan saja jika ada orang yang menawari Anda sebuah produk, dimana produk tersebut mampu membantu menyelesaikan masalah Anda, apakah Anda tidak membelinya? Tentu saja membeli bukan!

Mengetahui kebutuhan adalah point paling penting yang harus Anda miliki. Dan wajar jika Anda ingin memiliki startup dan langsung sukses.(ciputraentrepreneurship)

Bagikan artikel ini: