Kembangkan bisnis melalui komunitas

Rabu, 11 November 2015 | 09:24 WIB ET

DALAM menjalankan roda bisnis, kadang skill komunikasi sangat diperlukan para pelaku usaha untuk bisa membuat bisnis yang dijalani terus berkembang dan lebih dikenal banyak orang. Meski awalnya tak jarang para pemula kurang jago dalam berkomunikasi, namun Anda tak perlu khawatir, karena kita bisa memanfaatkan komunitas bisnis untuk membangun rasa percaya diri kita menjadi seorang pengusaha.

Pengalaman dari pebisnis yang telah bergabung dengan komunitas sesama pelaku bisnis, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan baik untuk pengembangan diri maupun usaha. Apa saja manfaat aktif di komunitas usaha, berikut penjelasannya:

Bantu memperkenalkan bisnis

Tak kenal maka tak sayang, adalah salah satu pepatah yang memang sangat perlu ditanamkan oleh siapa saja, tak terkecuali pelaku bisnis. Menjadi bisnis yang mudah dikenal banyak kalangan memang diperlukan inisiatif kita untuk terlebih dahulu memperkenalkan diri. Jangan pernah gengsi, jika ingin sukses, cobalah untuk berkomunikasi atau memperkenalkan terlebih dahulu tentang bisnis yang kita jalani.

Mendapat informasi tentang solusi bisnis

Pengalaman berharga atau solusi dalam menjalankan bisnis sangat mungkin kita dapatkan dari rekan atau kenalan bisnis yang berkaitan dengan bisnis yang kita jalani. Berbincang ringan tentang permasalahan bisnis yang kita jalani tak jadi masalah, permasalahan dalam bisnis pasti terjadi apalagi bisnis yang dijalani baru berjalan beberapa bulan. Sharing dengan sesama pelaku bisnis bisa dijadikan sebagai salah satu referensi untuk mencari informasi dan solusi dari permasalahan bisnis yang kita hadapi saat ini.

Saling memberi motivasi

Setiap pengusaha tentu harus menjaga semangat dan motivasi bisnis dalam dirinya. Membentuk motivasi bisnis bisa dilakukan dengan membaca tulisan yang ditulis oleh CEO dari sebuah bisnis atau hasil wawancara antara pelaku bisnis dan pewawancara. Dari situ kita bisa melihat gaya pelaku bisnis menjalankan bisnisnya. Jangan ragu untuk memberikan komentar setiap hasil dari wawancara atau tulisan yang dibuat, ini juga membantu kita untuk memperkenalkan bisnis yang kita jalani.

Memperluas jaringan bisnis

Untuk awal menjalankan bisnis, kita perlu mendapat banyak kenalan agar kita mendapatkan rekan yang membantu untuk mempromosikan bisnis yang baru kita jalani. Untuk menjaga eksistensi bisnis kita, jangan pernah menutup diri atau takut untuk minta bantuan untuk mempromosikan bisnis yang kita jalankan. Selanjutnya berbicaralah dengan kenalan bisnis dan bentuk kerjasama yang saling menguntungkan. (bisnisukm)

Bagikan artikel ini: