Toyota siapkan S-FR versi balap

Kamis, 10 Desember 2015 | 10:27 WIB ET

TOKYO, kabarbisnis.com: Toyota telah menyiapkan mobil konsep versi balap S-FR dan siap untuk dipamerkan dalam ajang Tokyo Auto Salon bulan depan. Sebelumnya pabrikan mobil asala Jepang tersebut memang telah memamerkannya dalam ajang Tokyo Motor Show beberapa bulan lalu, hanya saja  S-FR kali ini tampil dengan setelan balap.

Secara substansial mobil ini tampak lebih agresif dengan fender lebar berkobar dan gemuk pada bagian depan & belakang spoiler. Tidak hanya itu, mobil juga mendapat carbon fiber reinforced plastic (CFRP) canards dan tudung vented, sementara di bagian belakang terdapat sayap yang besar untuk meningkatkan downforce.

Dilansir dari Worldcarfans, Minggu (6/12/2015), Toyota S-FR Racing Concept memiliki panjang keseluruhan 4.100 mm yang membuatnya sedikit lebih panjang dari konsep biasa yang memiliki panjang 3990 mm. Lebar mobil juga telah mengalami perubahan dari 1.695 mm sampai 1.735, sedangkan tinggi mobil turun dari 1,320 mm ke 1270 mm serta wheelbase 2.480 mm. Mobil ini lebih ringan dari saudaranya dan dikabarkan mobil balap hanya memiliki bobot 980 kg.

Toyota tidak mengatakan sepatah kata pun mengenai kekuatan S-FR versi balap ini. Namun, diprediksi model ini akan segera hadir tahun depan dengan menggunakan mesin 1,2-liter tiga silinder bermotor turbocharged bersumber dari Euro-spec Auris yang mampu mengembangkan 115 PS (85 kW) dan 185 Nm (136 lb-ft ).

Akan tetapi banyak rumor yang mengatakan, model ini akan menggunakan naturally aspirated 1.5-liter dari JDM-spec Corolla. Namun dengan injeksi langsung dan tweaks yang berbeda untuk meningkatkan produksi menjadi sekitar 130 PS (96 kW) dan 148 Nm (109 lb-ft).

Kedua rumor yang ada bisa saja menjadi kenyataan sebagai Toyota S-FR  dan mobil diharapkan bekerja dengan transmisi manual enam-kecepatan dan CVT. kbc10

Bagikan artikel ini: