Tiga kandidat berebut kursi Ketua Umum Hipmi Surabaya

Rabu, 6 Januari 2016 | 15:48 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Pemilihan Ketua Umum Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC Hipmi) Surabaya yang bakal diadakan pada 16-17 Januari 2016 mendatang dipastikan lebih ramai. Setidaknya, ada tiga kandidat Calon Ketua Umum yang sudah mendaftar dan lolos verifikasi. Mereka akan memperebutkan 324 suara di ajang Musyawarah Cabang BPC Hipmi Surabaya.

Ketiga kandidat tersebut adalah Yudhi Prasetiawan, Kuswana Mandiri Septiyan dan Radityo Suryo Hartanto. Yudi Prasetiawan adalah pengusaha muda asal Surabaya yang bergerak di sektor percetakan. Ia mulai aktif menjadi anggota Hipmi Surabaya sejak tahun 2009.  Saat ini menjabat sebagai Wakil Sektretaris Umum BPC Hipmi Surabaya periode 2013-2015.

Sementara Kuswana Mandiri Septian adalah pengusaha muda yang bergerak di bidang otomotif. Ia memiliki jaringan atau outlet dealer motor Suzuki di Surabaya dan sekitarnya. Ia juga memiliki usaha pendukung lain yaitu Doktor Ban. Pria kelahiran tahun 1986 tersebut mulai aktif di Hipmi Surabaya sejak tahun 2011. Saat ini ia menjabat sebagai Wakil Bendahara Umum BPC Hipmi Surabaya.

Dan terakhir Radityo Suryo Hartanto, pengusaha muda yang bergerak di sektor Branding Konsultan dengan bendera PT Pendopo Agung. Pria ini terbilang paling muda menjadi anggota Hipmi Surabaya diantara kedua kandidat yang lain karena baru aktif sejak 2013. Saat ini, pria kelahiran tahun 1985 tersebut menjabat sebagai Bandahara Umum BPC Hipmi Surabaya.

Ketua Umum BPC Hipmi Surabaya, Abdul Ghofur mengatakan, Musyawarah Cabang HIPMI Surabaya adalah momen tiga tahunan yang harus dimanfaatkan oleh pengurus dan anggota Hipmi Surabaya. Untuk itu, ia berharap Muscab BPC Hipmi Surabaya besok akan menjadi wadah seluruh anggota dan pengurus Hipmi Surabaya untuk bisa saling bersinergi demi penguatan ekonomi Surabaya.

"Karena momen ini diadakan tiga tahunan, maka acara pemilihan juga akan dirangkai dengan Surabaya Bisnis Forum 2013. Nantinya, akan hadirkan narasumber nasional, khususnya dari teman-teman kita sendiri. Seperti Nilam Sari dari Baba Rafi serta Achmad Zaki pemilik dan pendiri bukalapak.com. Kami juga akan menghadirkan Deputi Akses Permodalan agar bisa berbagi bagaimana mendapatkan permodalan dengan mudah agar mereka lebih siap memasuki MEA," ujar Abdul Ghofur saat Deklarasi Calon Ketua Umum BPC Hipmi Surabaya periode 2015-2017 di Virtual Office Surabaya, Rabu (6/1/2016).

Abdul Ghofur berpesan kepada kepengursan yang bakal terpilih untuk tetap konsisten menjalankan program yang telah dilakukan sejak 2013, yaitu program 3P, membuka akses pasar, akses pengetahuan dan akses permodalan. Karena sejak awal kepengurusannya, Hipmi konsisten dalam menjalankan ketiga program tersebut.

"Untuk kedua program pertama yaitu membuka akses pasar dan pengetahuan sudah sering kami lakukan. Hanya saja, saya mengakui untuk yang program ketiga yaitu akses permodalan yang masih agak kurang. Untuk itu saya berharap pada kepengurusan kedepan agar lebih optimal dalam menjalankan program yang ketiga," ujarnya.

Sebab selain keterbukaan pasar dan skil, yang dibutuhkan untuk penguatan usaha dalam persaingan MEA adalah akses permodalan. Selain mampu, ujarnya, di era MEA semua harus digenjot, utamanya bersinergi dengan pengusaha lokal.

"Maka kepengurusan Hipmi Surabaya kedepan harus mampu mendorong pengusaha bagaimana membangun sinergitas kongkrit antar pengusaha Surabaya. Karena sekarang bisnis berkembang dengan cepat. Dan ini sudah dilakukan pengusaha luar, seperti Malaysia dan Singapura," pungkasnya.kbc6

Bagikan artikel ini: