Anggota DPR ini desak Jasa Marga tuntaskan akses tol ke kawasan industri Pasuruan

Jum'at, 8 Januari 2016 | 07:19 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Anggota DPR RI dari Komisi VI yang membidangi Perdagangan, Perindustrian, Investasi, Koperasi, UKM & BUMN serta Standarisasi Nasional, Bambang Haryo Soekartono, mendesak pengelola jalan tol, PT Jasa Marga (Persero) Tbk untuk segera merampungkan akses ke kawasan industri di Kabupaten Pasuruan. Ia mengatakan akses tol ke kawasan industri sangat penting untuk memastikan kelancaran distribusi barang dari pabrik-pabrik di kawasan industri ke pelabuhan.

“Saya tadi baru saja menelpon Dirut Jasa Marga untuk menyegerakan penyelesaian akses tol ke Kawasan Industri PIER di Pasuruan. Jika akses tol langsung ke kawasan industri ini sudah jadi maka distribusi barang ke pelabuhan untuk selanjutnya dikirim ke berbagai tujuan baik ekspor keluar negeri maupun ke daerah lain bisa lebih lancar,” katanya di sela pertemuan dengan jajaran direksi PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) di Surabaya, Kamis (7/1/2016).

PT SIER sendiri saat ini mengelola 3 kawasan industri yakni Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) di Surabaya, Pasuruan Industrial Estate Rembang (PIER) di Pasuruan dan Sidoarjo Industrial Estate Berbek (SIEB) di Sidoarjo.

Di PIER, saat ini sedang dilakukan proses pembangunan akses jalan tol yang terhubung langsung ke jaringan jalan tol Surabaya-Gempol-Pasuruan. Pengerjaan akses tol tersebut saat ini masih terhambat dan menyisakan sekitar 1,7 km jalan yang belum terhubung ke tol.

“Karenanya tadi saya mendesak Dirut Jasa Marga untuk segera menyelesaikan akses yang tinggal 1,7 km itu dan beliau setuju untuk mempercepat penyelesaian akses tersebut,” imbuh politisi yang berasal dari Daerah Pemilihan (Dapil) Surabaya-Sidoarjo tersebut.

Sementara itu, Direktur Utama PT SIER, Rudhy Wisaksono, mengatakan para investor yang menanamkan modalnya di PIER memang sudah lama menantikan akses tol tersebut.

“Para pemilik pabrik juga berharap akses tol ini bisa segera terealisasi agar memperlancar arus distribusi barang mereka,” katanya. kbc8

Bagikan artikel ini: