20 Bank swasta berpeluang salurkan KUR

Rabu, 13 Januari 2016 | 20:58 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkapkan terdapat lebih dari 20 bank swasta yang memenuhi syarat untuk menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

"Kami sudah review beberapa kandidat. Mungkin lebih dari 20 bank yang memenuhi syarat," tukas Deputi Komisioner Pengawasan Perbankan OJK Irwan Lubis di Jakarta, Rabu (13/1/2016).

Irwan menambahkan OJK masih melihat dan membahas persiapan para kandidat. Sejumlah hal yang dilihat antara lain kesiapan infrastruktur, teknologi, sumber daya manusia (SDM), dan pengendalian risiko untuk menyalurkan KUR.

"Kalau tidak (siap), tidak kami rekomendasikan karena berisiko. Kalau punya itu semua, kenapa tidak (menjadi bank penyalur KUR)," tegasnya.

Pasalnya, pemerintah berencana engalokasikan subsidi bunga KUR yang lebih besar tahun ini yaitu sekitar Rp 100 triliun-Rp 120 triliun. Plafon subsidinya melonjak empat kali lipat dari tahun 2015 yang sebesar Rp 30 triliun.Persoalannya,realisasi penyaluran KUR tahun lalu hanya mencapai Rp 22,75 triliun.

Namun, untuk meningkatkan penyerapan kredit KUR, pemerintah menurunkan bunga kredit menjadi 9% saja. Tingkat bunganya lebih rendah dari tahun 2015 yang sebesar 12% lantaran plafon subsidinya lebih besar.

Karenanya, sambung Irwan OJK perlu meninjau kembali rencana bisnis bank penyalur KUR agar lebih transparan dan meningkatkan persiapan untuk pengendalian risiko. Tujuannya agar penyaluran KUR tersebut tidak malah meningkatkan kredit bermasalah (non performing loan/NPL).

"NPL KUR tidak akan meningkat karena bank yang menyalurkannya harus berpengalaman," ujar Irwan.

Untuk diketahui bersama,pemerintah menetapkan tiga syarat bagi bank penyalur KUR. Pertama, rasio kredit bermasalah untuk UMKM bank tersebut di bawah 5%. Kedua, berpengalaman menyalurkan kredit ke UMKM. Ketiga, melaporkan kegiatan usaha di bidang penyaluran kredit UMKM untuk diaudit oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Saat ini tiga perbankan di lingkungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ditugaskan menyalurkan KUR dengan segmentasi debitur berbeda.Seperti‎ Bank Rakyat Indonesia (BRI) mendapatkan plafon paling besar untuk menyalurkan kredit mikro. Sementara Bank Mandiri dan Bank Negara Indonesia (BNI) kebagian menyalurkan kredit ritel.kbc11

Bagikan artikel ini: