Diserbu smartphone dan tablet, penjualan PC merosot 10,4%

Kamis, 14 Januari 2016 | 09:40 WIB ET

SAN FRANSISCO, kabarbisnis.com: Terus meningkatnya penggunaan ponsel pintar (smartphone) serta tablet membuat penjualan komputer personal (PC) di seluruh dunia terus merosot sepanjang tahun lalu. Berdasarkan data yang dirilis perusahaan riset International Data Corp (IDC), penjualan komputer pribadi global menurun 10,4% hingga akhir 2015 dibanding tahun sebelumnya.

Penurunan penjualan tersebut terendah sejak 2007 yakni usai Apple Inc memperkenalkan iPhone. Analis IDC, Jay Chou bilang, jumlah PC yang telah dikirim pada tahun lalu mencapai 276,2 juta unit. IDC seperti dikutip Reuters menyebut, penurunan penjualan tersebut karena masa pakai komputer pribadi yang lebih lama dan persaingan dengan teknologi ponsel serta tablet.

Tak hanya itu, seperti Wall Street Journal, penurunan penjualan komputer personal tersebut juga karena perlambatan ekonomi di China. Selain itu, dollar AS yang menguat membuat penjualan komputer menjadi lebih mahal di Eropa.

Chou memang sudah memperkirakan bakal ada penurunan penjualan di tahun lalu. Tapi, dia tidak menduga penjualan PC jatuh lebih dalam dari proyeksi yang sebesar 10,3%. "Tahun 2015 menjadi pertama kalinya kami memiliki pasar PC dengan volume jauh dari 300 juta unit sejak 2008," ujar dia seperti dikutip Wall Street Journal.

Pada 2008 silam penjualan PC mencapai 299,6 juta unit. Sedangkan pada tahun 2007 mencapai 270,5 juta unit. Penurunan penjualan pada tahun lalu terjadi di seluruh wilayah di dunia dalam lima kuartal berturut-turut.

Perusahaan riset yang lain, Gartner Inc juga menyebut ada penurunan penjualan. Namun dengan metodologi yang berbeda disebutkan penjualan PC hingga kuartal IV tahun lalu turun 8,3%. Gartner menghitung pengiriman PC mencapai 288,7 juta unit.

Kedua perusahaan riset tersebut pun menyebutkan bahwa jumlah pengiriman tiga vendor PC besar seperti Lenovo Group Ltd, HP Inc dan Dell Inc menyusut pada kuartal IV di tahun lalu. Penurunan penjualan Lenovo pada akhir 2015 misalnya mencapai 4,5%. Secara total, penjualan PC Lenovo mencapai 15,4 juta unit.

Begitu juga penjualan HP susut 10,1% menjadi 14,3 juta unit . Sedangkan, Dell menjual 10,2 juta unit atau turun 5,7%. Sementara, penjualan perusahaan kecil turun hingga 29%. Riset itu juga menyebutkan penjualan PC Apple masih naik 2,8% sepanjang 2015. kbc10

Bagikan artikel ini: