Pemerintah siapkan 42.700 PSU untuk perumahan di 2016

Jum'at, 22 Januari 2016 | 16:30 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah akan membantu penyediaan prasarana, sarana dan utilitas atau PSU untuk 42.700 unit rumah masyarakat di seluruh wilayah Indonesia pada di 2016 dengan nilai Rp6,2 juta per unit.

Direktur Rumah Umum dan Komersial, Ditjen Penyediaan Perumahan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Irma Yanti mengatakan, dukungan tersebut diberikan untuk merangsang peran serta pelaku pembangunan dalam penyediaan rumah yang mendapat subsidi dari pemerintah.

Sepanjang 2015, telah dilaksanakan Bantuan PSU kepada 29.965 unit berupa jalan lingkungan. Pada tahun ini, pemerintah akan berusaha menambah komponen PSU tidak hanya jalan lingkungan, tetapi juga berupa ruang terbuka non hijau seperti lahan parkir dan lapangan olahraga, air minum, penerangan jalan umum dan tempat pengelolaan sampah terpadu.

“Target bantuan PSU dari Direktorat Rumah Umum dan Komersial Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR untuk perumahan umum pada tahun 2016 ini berjumlah 42.700 unit rumah,” kata Irma melalui siaran persnya, Kamis (21/1/2016).

Pernyataan tersebut disampaikannya saat membuka secara resmi Rakor Pelaksanaan Bantuan Prasarana Sarana dan Utilitas Untuk Perumahan Umum di Hotel Sahid, Jakarta, Rabu (20/1/2016).

Rakor tersebut diikuti para pengembang perumahan MBR, perwakilan dinas teknis terkait pemda, dan koordinator propinsi dari wilayah II yakni Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua.

Menurut Irma, pelaksanaan Rakor pada awal tahun 2016 ini menandai era baru pengadaan bantuan PSU untuk perumahan MBR. Adanya lelang dini PSU diharapkan juga akan semakin mempercepat proses pembangunan serta meningkatkan kualitas PSU yang dihasilkan. kbc10

Bagikan artikel ini: