Mengelola negara sebesar Indonesia, digitalisasi adalah keniscayaan

Kamis, 18 Februari 2016 | 12:16 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengemukakan, untuk mengelola negara sebesar Indonesia dengan 252 juta penduduk yang tersebar di 17 ribu pulau, digitalisasi adalah sebuah keniscayaan.

Untuk itu, Presiden Jokowi meminta kepada jajaran menteri menjaga hubungan baik dengan semua pihak yang ada di Silicon Valley, atau pusat industri kreatif berbasis teknologi di Amerika Serikat (AS).

Saat memberikan sambutan pada pertemuan dengan CEO Google Sundar Pichai dan eksekutif perusahaan itu, di Silicon Valley, Rabu (17/2) waktu setempat, Presiden Jokowi menjelaskan bahwa sejumlah kebijakan telah diambil pemerintah utuk mewujudkan visi Indonesia sebagai ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara dengan target US$ 130 miliar pada 2020 mendatang.

“Kebijakan itu antara lain peluncuran e-commerce roadmap dan 10 paket kebijakan ekonomi, serta fasilitas akses pembiayaan UMKM dan perusahaan IT baru,” papar Presiden Jokowi dalam keterangan resmi.

Apresiasi Google

Pada kesempatan itu Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi kepada Google dalam upaya mengatasi Illegal Unreported and Unregulated (IIU), dan berharap Google juga dapat mendukung upaya Indonesia untuk memberdayakan ekonomi digital bagi UMKM.

Presiden juga sempat melihat simulasi beberapa aplikasi, seperti penangkapan kapal penangkap ikan ilegal, dan merasakan betul manfaat dari aplikasi digital itu. “Saya gregetan segera lakukan digitalisasi,” pinta Presiden Jokowi. kbc12

Bagikan artikel ini: