Lenovo dukung tumbuhnya enterpreneur muda melalui program "Siap Maju"

Selasa, 1 Maret 2016 | 17:42 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Sukses tidak harus didapatkan ketika seseorang sudah memasuki usia tua, sukses bisa didapatkan saat masih muda. Karena generasi muda atau generasi millennial adalah generasi dengan sejuta asa, generasi dengan segudang keinginan untuk mengembangkan talenta dan keahlian yang dimiliki. Dengan dukungan teknologi yang semakin canggih, impin mereka akan menjadi semakin nyata dan mudah diwujudkan. Dan untuk mewadahi aspirsi tersebut, Lenovo Indonesia menggelar program "Siap Maju".

Marketing Lead Lenovo Indonesia, Fransisca Maya mengatakan bahwa kaum muda Indonesia dikenal sangat paham teknologi, senang mencari pengalaman baru dan bersosialisasi. Mereka juga sangat dinamis dan memiliki keinginan besar untuk maju dan menggapai apa yang dicita-citakan. Tetapi mereka kadang tidak mengetahui bagaimana memulai dan apa yang dibutuhkan untuk menggapai impian tersebut.

"Pada akhirnya,merek perlu untuk membekali diri dengan pengetahuan, kemampuan dan role model yang bisa menginspirasi mereka. Mereka juga butuh perangkat esensial, termasuk PC yang sesuai dengan kebutuhannya. Karena perangkat teknologi memainkan peran penting dalam mendukung dan merealisasikan impian tersebut," ujar Fransisca Maya ditemui saat workshop bertajuk "Berani Memulai Startup" di Universitas Airlangga Surabaya, Selasa (1/3/2016).

Melalui program "Siap Maju", Lenovo ingin mengajak kaum muda di seluruh Indonesia untuk menjadi seseorang yang siap maju melakukan perubahan. Mereka cukup mendaftarkan diri dan membagikan pemikiran atau kegiatan inspiratif mereka dalam situs yang ditentukan. Selanjutnya lenovo akan memilih satu pemenang dalam setiap bulan yang akan memperoleh hadiah satu buah laptop Lenovo Yoga 300.

"Akan ada 10 pemenang yang akan kami pilih dari bulan Februari hingga Juli. Dari ke 10 pemenang tersebut, kami akan memilih satu pemenang. Hadiahnya sangat menarik dan kami kira tidak dapat dinilai dengan uang. Pemenang akan kami berikan kesempatan mendapatkan mentoring secara pribadi dari tokoh muda inspiratif. Selama seminggu ia akan mengikuti semua kegiatan sang tokoh," terangnya.

Selain mengadakan proogram "Siap Maju", lenovo juga melakukan roadshow di berbagai universitas ternama untuk mengajak generasi muda memulai berbisnis startup dengan menghadirkan tokoh muda inspiratif, seperti apa yang dilakukan di Unair Surabaya. Dan Surabaya adalah kota ketiga setelah Jogjakarta dan Bandung. Acara yang sama juga akan diadakan di Makassar dan Medan.

"Banyak tokoh muda yang berhasil melalui startup. Seperti apa yang dilakukan oleh Chiki Fawzi, seorang animator muda berbakat dan Aria Rajasa, penggagas dan pendiri gantibaju.com. Jadi tidak hanya mereka yang tua yang bisa sukses. Makanya kami mencoba membuat forum agar dua teman ini bisa menginspirasi mahasiswa dengan teknologi," tekan Maya.

Pada kesempatan yang sama, Chiki Fawzi mengatakan bahwa awalnya, saat kuliah ia tidak begitu paham tentang teknologi. Tetapi sebagai animator, ia dituntut kerja cerdas dan cepat. Untuk itulah akhirnya ia belajar menggunakannya. Hingga akhirnya teknologi menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam dirinya. Kemanapun ia pergi, ia selalu membawa laptop. Sehingga ia bisa bekerja kapan saja dan dimana saja.

"Saat dalam kendaraan dan macet, saya membuka laptop dan bekerja. Ketika menunggu orang, saya juga bisa kembali membukanya dan bekerja. Sekarang saya bisa menggunakan teknologi untuk menyelesikan ilustrasi, tanpa tangan kotor," akunya.

Kemudahan yang sama juga dirasakan oleh Aria Rajasa. Peran teknologi seperti laptop memang sangat membantu dalam mengembangkan bisnisnya di dunia fasion, khususnya pada industri digital teknologi dan kampanye online. Ia yakin bahwa program ini akan mampu membantu generasi muda untuk mengembangkan ide bisnis tanpa terkungkung batasan akses terhadap dunia luar.

"Awalnya saya tidak memiliki pengalaman dibidang clothing line, namun karena memiliki dasar keahlian di bidang teknologi, akhirnya saya menantang norma dan mencoba untuk mengembangkan clothing line. Karena desiner Indonesia banyak bangt, tetapi tidak di satu tempat. Disini, merek berkumpul dan berkompetisi untuk menjual desain mereka. Di gantibaju.com ada sekitar 37.000 desainer yang bergabung. Dalam satu tahun, desain yang dihasilkan dan sudah dijual dipasaran mencapai 800 desain. Sementara di tees.co.id, ada lebih dari 30.000 desainer yang bergabung dan sudah menghasilkan 250 jenis produk," terang Aria.kbc6

Bagikan artikel ini: