Tiap tahun, 169 ribu ton rumput laut diekspor ke Tiongkok

Senin, 7 Maret 2016 | 18:41 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Komoditas rumput laut Indonesia ternyata menjadi primadona di berbagai negara luar, khususnya di Tiongkok atau China. Bahkan disaat ekonomi sedangmengalami perlambatan, ekspor rumput laut ke Tiongkok tidak ikut terpengaruh.

Data Asosisi Rumput Laut Indonesia (ARLI)S menyatakan bahwa dalam setiap tahunnya. ada sekitar 169 ribu ton rumput laut kering yang selalu diekspor ke negeri tirai bambu tersebut.

Besarnya volume ekspor tersebut ditengarai akibat kegemaran masyarakat Tiongkok untuk mengosumsi komoditas tersebut.  Meski ada perlambatan ekonomi dunia, ekspor rumput laut dari Indonesia tidak terpengaruh karena kebutuhan masyarakat di sana. "Mereka suka rumput laut kita. Beda sama orang sini yang enggak begitu doyan rumput laut," kata Ketua Asosisi Rumput Laut Indonesia (ARLI) Safari Aziz, Surabaya, Senin (7/3/2016).

Diungkapkannya, dalam setiap tahunnya, Indonesia mengekspor sekitar 282.479 ton rumput laut kering. Dan 60% dari volume tersebut atau sekitar  169 ribu diekspor ke Tiongkok. Sisanya diekspor ke Filipina, Jepang dan Eropa serta Singapura.

Safari mengatakan, Indonesia harusnya bersyukur karena Tiongkok bisa menyukai produk rumput laut Indonesia dan menjadi pasar terbesar.

"China serapan pasar paling besar. Kita harus bersyukur China menerima produk kita. Karena selama ini kan yang menjadi persoalan produksi rumput laut yaitu pasarnya. Produksi kita banyak, tapi tidak semua terpakai. Jika mengandalkan serapan industri dalam negeri, jelas masih kurang," tandasnya.

Sementara itu, data Kementeian Kelautan dan Perikananmenyatakan bahwa produksi rumput laut nasional terus mengalami kenaikaan. Ditahun 2014, produksi rumput laut mencapai 10,2 juta ton atau meningkat lebih dari tiga kali lipat dari produksi rumput laut pada tahun 2010 yang  berkisar 3,9 juta ton. Peningkatan rata-rata pertahun mencapai 27,71%.

Dengan besarnya produksi dan bagusnya kualitas, Indonesia akhirnya menjadipemasok rumput laut terbrsar dunia. Dunia mengakui kualitas rumput laut Indonesia. Dari total ekspor rumput laut dunia, Indonesia mampu menjadi pemasok utama rumput laut dunia dengan pangsa sebesar 26,50% dari total US$ 1,09 miliar permintaan dunia.

Permintaan dunia terutama untuk produk rumput laut kering sangat tinggi. Produk tersebut diolah menjadi bahan baku makanan olahan, makanan hewan peliharaan, hingga bahan makanan tambahan, pengendalian pencemaran dan bahan kecantikan. Hal itu menjadi tantangan bagi pelaku usaha rumput laut untuk mempertahankan dan lebih meningkatkan kualitas budidaya rumput laut Indonesia.kbc6

Bagikan artikel ini: