Kala wartawan Jawa Timur sumbangkan darahnya untuk kemanusiaan

Kamis, 10 Maret 2016 | 16:11 WIB ET
Ketua Umum PWI Jawa Timur Akhmad Munir ikut mendonorkan darahnya.
Ketua Umum PWI Jawa Timur Akhmad Munir ikut mendonorkan darahnya.

SURABAYA, kabarbisnis.com: Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jawa Timur bekerja sama dengan Pundi Amal Surya Citra Televisi (STCV) dan Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia (PMI) menggelar donor darah yang dipusatkan di Gedung PWI Jawa Timur, Kamis (10/3/16). Aksi sosial ini digelar dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional ke-70

Selain masyarakat umum, kegiatan donor darah yang digelar PWI Jatim rutin setiap tahunan ini juga diikuti oleh jajaran Komando Daerah Militer (Kodam) V Brawijaya, yang terdiri atas Yonif 500/Raider, Yonif Mekanis 516/CY, Yon Arhanudse-8, Kikavser-3, serta ibu-ibu Persatuan Istri Tentara (Persit) Kartika Chandra Kirana.

Tak mau ketinggalan juga, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Surabaya juga ikut berpartisipasi dalam acara tersebut. Organisasi masyarakat seperti Pemuda Pancasila (PP) Surabaya tak lupa ikut meramaikan donor darah.

Ketua PWI Jatim Akhmad Munir menegaskan, acara ini rutin digelar setiap tahunnya dalam rangkain Hari Pers Nasional (HPN), sekaligus untuk menambah stok kantong darah PMI Surabaya.

"Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian pers dan semoga bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan. Total dari 500 lebih pendaftar hanya 333 pedonor saja yang lolos dari tim medis, namun secara keseluruhan donor darah yang digawangi oleh PWI Jatim, Pundi amal SCTV dan PMI Surabaya menuai sukses," jelas Kepala LKBN Antara Biro Jatim, Kamis (10/3/15).

Munir menambahkan, sebelumnya PWI Jatim bekerja sama dengan pundi amal SCTV juga menuai sukses saat menggelar bakti sosial yang tahun ini dipusatkan di Sumenep, Madura yang digelar 7-9 Maret 2016 di tiga tempat berbeda yaitu di Desa Lenteng Timur, Kecamatan Lenteng. Desa Parsanga, Kecamatan Kota Sumenep, dan di desa Tumidung, Kecamatan Batang-Batang, Sumenep.

“Total 1617 peserta mengikuti bakti sosial berupa pengobatan gratis. Baksos bertujuan, untuk  mendekatkan pers ke masyarakat dan berkontribusi untuk masyarakat. Di samping itu, pemeriksaan dan pengobatan gratis ini,  dimaksudkan agar supaya masyarakat sehat,” pungkasnya.

Ketua HPN, Eko Pamuji menjelaskan bahwa kegiatan kemanusiaan ini digelar rutin dan untuk membantu PMI Surabaya untuk mendapatkan stok kantong darah di Surabaya. "Setetes darah yang didonorkan akan menyelamatkan nyawa sesama. Kami berharap kegiatan ini bisa menggugah masyarakat umum serta instansi untuk mendonorkan darahnya demi kemanusiaan,” jelasnya.

Sementara dr Lely Rahmawati mengungkapkan bahwa PMI Surabaya mendukung penuh kegiatan donor darah ini, menurutnya, semakin banyak kantong darah yang terkumpul, peluang untuk membantu dan menyelamatkan sesama juga semakin besar.

“Setetes darah untuk keselamatan. Kami sangat berterima kasih terutama kepada PWI Jatim dan Pundi Amal SCTV atas digelarnya donor darah, dan masyarakat sangat antusias. Kami sangat kewalahan karena banyakanya para pedonor yang harus kami layani,” ungkapnya. kbc9

Bagikan artikel ini: