HIPMI gandeng UMKM kembangkan ekonomi provinsi tercepat RI

Jum'at, 11 Maret 2016 | 04:45 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Perekonomian daerah di Indonesia belakangan ini mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari mulai berkembangnya sejumlah usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) daerah yang memilki daya saing dan nilai jual tinggi. Kemajuan ini, tidak lepas dari campur tangan para generasi muda yang menginginkan adanya perubahan serta pemerataan ekonomi bagi seluruh lapisan masayarakat.

Hal ini pula yang kemudian mendorong Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) untuk mencetuskan Hipmi Kalimantan Utara (Kaltara) sebagai penggagas pergerakan ekonomi provinsi terdepan.

"Melalui Hipmi Kaltara, kami bertekad untuk mendorong perekonomian daerah dari sektor UMKM, sesuai dengan kondisi struktur ekonomi di provinsi ini yang didominasi oleh sektor pertanian, dan perkebunan,” ujar Andi Samula, Ketua Umum BPC Hipmi Nunukan Kaltara dalam acara Rakorda Hipmi Kaltara, Selasa, (8/3).

Ia mengatakan, pembangunan ekonomi di Kalimantan Utara (Kaltara) ini bertujuan untuk meningkatkan jenis dan jumlah peluang kerja bagi masyarakat. “Kami HIPMI Kaltara mengambil inisiatif untuk meningkatkan jumlah lapangan kerja bagi masyarakat, serta menambah jenis pekerjaan dari sektor ladang, perkebunan, tambak, ekonomi kreatif dan lain sebagainya.

Terlebih, di provinsi ini ada banyak sekali potensi yang belum tergali secara maksimal,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua BPP Hipmi Bidang Organisasi yakni Anggawira yang juga pejabat ketua umum BPD Hipmi Kaltara yang mengatakan, Kaltara merupakan sebuah provinsi besar yang menyimpan banyak potensi. Namun, saat ini ia melihat pembangunan ekonomi di sana masih seperti jalan di tempat.

"Kaltara memilki banyak potensi untuk dikembangkan. Namun kami melihat sektor perkebunan, pertanian, peternakan, pembudidayaan ikan dan lain sebagainya seperti jalan ditempat, pergerakannya lambat. Jika kondisinya terus seperti ini bagaimana bisa kesejahteraan masyarakatnya terjamin?” ujar Anggawira

Untuk itu, lanjut Anggawira, Hipmi ingin menggandeng para pelaku usaha di Kaltara untuk sama- sama membangun perekonomian melalui program- program yang dicanangkan oleh Hipmi. Program ini diyakini Anggawira akan dapat merangsang kegiatan ekonomi dan menyeimbangan perekonomian skala kecil, menengah, dan koperasi desa.

“ Kami bersama Hipmi Kaltara, dan juga para pelaku usaha ingin menggalakan program – program yang kami rancang untuk memajukan ekonomi daerah. Seperti, pengembangan ekonomi skala kecil, menengah, dan koperasi,” ujarnya menjelaskan.

Adapun salah satu bentuk program Hipmi Kaltara untuk mengembangkan ekonomi daerah adalah, dengan mengembangan ekonomi mikro dan menengah, kemudian membantu masalah permodalan bagi pengusaha yang akan memulai usaha.

“Seluruh usaha tersebut akan dilakukan step by step, dan berkesinambungan, kami yakin dengan adanya kerjasama yang baik anatara Hipmi Kaltara, Pemerintah setempat, dan peran aktif masyarakat mampu mendorong perekonomian Kaltara menjadi lebih baik,” pungkasnya

Dalam kesempatan rakorda ini BPC Hipmi Se-Kaltara bermufakat untuk menetapkan Andi Samula sebagai Ketua Umum BPD Hipmi Kaltara yang akan ditetapkan dalam forum Musda di bulan April. kbc3

Bagikan artikel ini: