Potensi besar, tapi produk rotan masih dianaktirikan

Selasa, 15 Maret 2016 | 12:08 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Indonesia menjadi salah satu negara penghasil produk mebel dunia, khususnya dari rotan. Namun ironisnya, produk rotan dinilai kurang mendapat perhatian pemerintah dibandingkan produk dari bahan baku lain seperti jati dan mahoni.

Product Designer dari Studio Hiji, Abie Abdillah mengatakan, Indonesia memiliki bahan baku rotan yang melimpah. Namun sayangnya produk hasil kerajinan ini masih sangat terbatas dan hampir semuanya diekspor ke negara lain.

"Dalam arti mebel, di Indonesia diproduksi dengan material secara alam dan juga dengan perajin. Dengan material alam yang melimpah seperti jati dan mahoni, salah satu yang penting adalah rotan. Rotan itu 90 persen sekarang masih diekspor," ujarnya di Jakarta, Senin (14/3/2016).

Dia mencatat, saat ini potensi ekspor produk mebel dan kerajinan Indonesia mencapai US$10 miliar. Namun sayangnya porsi rotan kurang dari 20 persen.

"Pasar potensial mebel itu US$10 miliar. Rotan itu hanya US$100-US$200 juta per tahun. Industri rotan terbesar di dunia ada di indonesia. Pasar rotan di Indonesia itu 10 persen, bahkan enggak sampai 20 persen. Makanya kita harus buat negara sendiri aware. Indonesia itu sumber rotan dan produk rotan terbaik," jelas dia.

Project Coordinator Indonesia Desainer, Rina Renville menambahkan, agar produk kerajinan rotan ini mampu berkembang dengan baik, maka dibutuhkan desainer-desainer yang mampu membuat produk rotan bernilai jual tinggi. Pemerintah diharapkan berperan aktif mencetak lebih banyak desainer mebel dan furnitur berbahan baku agar produk Indonesia semakin digemari, baik di dalam maupun luar negeri.

"Desainer lebih diperbanyak dan tingkatkan added value. Dengan meningkatnya added value maka akan meningkatkan daya saing. Jadi dengan added value, kita bisa bersaing dan menembus pasar," ungkapnya. kbc10

Bagikan artikel ini: