Kemenperin optimis penjualan mobil bakal tembus 1 juta unit

Jum'at, 8 April 2016 | 10:23 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah memperkirakan industri otomotif nasional pada 2016 ini bakal bertumbuh, seiring mulai membaiknya perekonomian nasional maupun global.

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian I Gusti Putu Suryawirawan mengatakan, banyak faktor yang memengaruhi pertumbuhan otomotif nasional, diantaranya harga baja yang juga mulai meningkat.

"Kami berharap pertumbuhan tahun ini minimal bisa sama dengan pertumbuhan 2015 yakni sekitar 1 juta unit," ujar Putu di sela pembukaan Indonesia International Motor Show (IIMS) di Jakarta, Kamis (7/4/2016).

Putu menjelaskan, industri otomotif sebagian besar sudah diproduksi di dalam negeri dan memiliki konten lokal mencapai 80 persen. Program Low Cost Green Car (LCGC) yang dicanangkan oleh pemerintah beberapa tahun lalu telah membantu menumbuhkan industri otomotif dan industri komponen otomotif di Indonesia.

"Program LCGC mewajibkan produsen untuk menggunakan komponen lokal agar mendapatkan insentif dari pemerintah," kata Putu.

Putu menambahkan, berlangsungnya pameran otomotif menunjukkan bahwa kebutuhan dan permintaan masyarakat terhadap kendaraan bermotor masih tetap ada. Sementara, investasi industri otomotif di Indonesia juga masih terus berlangsung.

Salah satunya perusahaan otomotif asal China yakni PT SAIC General Motors Wuling (SGMW) yang sedang dalam proses membangun pabrik di Cikarang, Jawa Barat dengan nilai investasi sekitar US$418 juta dan kapasitas 120 ribu unit per tahun. kbc10

Bagikan artikel ini: