Bagaimana suasana hati Anda, aplikasi di Apple Watch ini bisa deteksi

Selasa, 12 April 2016 | 14:35 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Sebuah penyedia platform kesehatan berbasis teknologi asal Tokyo, Jepang, Smart Medical meluncurkan aplikasi EmoWatch untuk Apple Watch. Aplikasi ini mampu mengidentifikasi emosi pengguna melalui suara mereka.

Mendeteksi emosi melalui suara sejatinya bukanlah hal yang baru. Namun mereka mengklaim bahwa ini pertama kalinya hal tersebut bisa dilakukan pada Apple Watch.

Untuk bisa menganalisis nada, volume, dan kecepatan bicara, EmoWatch menggunakan engine bernama Empath. Melalui informasi yang dihasilkannya, aplikasi ini pun bisa menentukkan tingkat energi seseorang lalu menyimpulkan hasilnya dalam bentuk emotikon marah, tenang, senang atau sedih.

Tak hanya itu, EmoWatch juga bisa memberikan data historis mengenai suasana hati penggunanya selama menggunakan Apple Watch. Ini memungkinkan pengguna untuk mengetahui bagaimana pola suasana hatinya pada periode tertentu.

Dikarenakan hanya membutuhkan karakteristik suara dari pengguna (bukan arti kata dari apa yang diucapkan), aplikasi ini pun bisa bekerja dengan bahasa apapun.

Untuk para pengembang yang tertarik menciptakan aplikasi serupa atau ingin ikut mengembangkan pendeteksian emosi melalui suara, Smart Medical juga menyediakan API (Application Program Interface) Empath secara terbuka. kbc10

Bagikan artikel ini: