Wismilak kembali gelar kompetisi ide bisnis bagi wirausaha muda

Kamis, 14 April 2016 | 10:43 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Wismilak Inti Makmur Tbk, melalui Wismilak Foundation, kembali menyelenggarakan program Diplomat Success Challenge. Program DSC ini bertujuan mendorong pertumbuhan jumlah wirausaha di kalangan usia produktif 20-45 tahun.

Setelah diadakan selama enam tahun berturut-turut tanpa jeda, kompetisi ide bisnis ini telah banyak melahirkan wirausahawan muda. Menurut Surjanto Yasaputera, Chief Board of Commissioner Program Diplomat Success Challenge (DSC), kompetisi ide wirausaha ini menawarkan total hadiah Rp 2 miliar sebagai hibah modal usaha.

Keuntungan bagi pemenang masih ditambah pendampingan usaha dan menjadi bagian dari komunitas usaha yang dibangun DSC. "Mereka sukses menjadi wirausaha bukan hanya karena didukung hibah modal usaha, tapi juga ditambah pendampingan usaha yang difasilitasi Wismilak," kata Surjanto dalam keterangannya, Rabu (13/4/2016).

Kekuatan program ini sangat unik karena sekaligus memadukan tiga pilar utama pendukung suksesnya sebuah wirausaha. Pertama, DSC mendorong munculnya startup yang teruji melalui program kompetisi. Kemudian bertindak sebagai angel investor dengan menyediakan hibah Rp 2 miliar untuk modal usaha.

Selain itu, program ini sekaligus menjadi business incubator dengan menyediakan bimbingan manajemen selama satu tahun. DSC juga mempunyai komitmen kuat untuk melakukan consumer research, yang fokus pada peningkatan kualitas penyediaan barang serta jasa.

Memasuki tahun ketujuh, kata Surjanto, alumnus DSC Wismilak telah berhasil menjadi agen perubahan. Wismilak akan membuat alumnus DSC menularkan kesuksesan yang mereka capai kepada generasinya.

"Sukses itu menular, karena itu kami akan membuat sukses seperti virus, menularkan demam wirausaha ke seluruh generasi muda usia produktif di Indonesia,” tuturnya.

Surjanto menambahkan, bimbingan manajemen selama satu tahun membuat alumnus DSC seperti memasuki sekolah kehidupan yang sesungguhnya. Mereka digembleng oleh situasi dan dibimbing untuk mengatasi problema usaha yang dihadapi secara nyata sehari-hari.

Helmi Yahya, salah satu anggota tim juri yang terlibat dalam proses seleksi peserta, menyatakan sangat puas atas keseluruhan program DSC. “So far, menurut saya, ini program inkubator terbaik. Sebab, pemenang tidak dilepas begitu saja, mereka dikasih hibah modal dan dibimbing secara manajemen,” kata presenter televisi ini. kbc10

Bagikan artikel ini: