Kenalkan produk heritage RI, Anne Avantie rilis market place virtual anneavantiemall.com

Kamis, 21 April 2016 | 17:23 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Desainer sekaligus entrepreneur yang terkenal dengan rancangan kebayanya, Anne Avantie, memperkenalkan market place virtual miliknya, anneavantiemall.com, yang merupakan tempat bagi para pemilik Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk menyalurkan produk mereka.

Menurut, penyumbang ekonomi kreatif terbesar di Jawa Tengah itu, menyalurkan produk menjadi hal penting karena melalui pameran saja tidak cukup, sementada tidak semua UKM mempunyai dana untuk membuka gerai atau mendaftarkan diri ke mall. Sehingga toko online tersebut diharap dapat menjadi sarana.

"Saya sudah berjalan 26 tahun berkarya, ini tahun ke-27. Ada suatu hal yang harus saya lakukan, buat apa brand Anne Avantie saya nikmati sendiri. Ketika saya berdiri saya merasa harus bisa mengangkat orang lain," kata Anne, Selasa (19/4/2016).

"Banyak UKM yang tidak mempunyai kesempatan, di lapak anneavantiemall.com, mereka punya kesempatan lebih, kesulitan membeli susu dapat teratasi, SDM yang digaji rendah memiliki kesempatan untuk lebih sejahtera," sambung dia.

Langkah Anne Avantie tersebut disambut baik oleh Tim Ahli Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Roy Darmawan. Pasalnya, Anne dinilai sebagai role model dengan visi jangka panjang yang jelas dan selalu berkomitmen mengembangkan karya-karya Indonesia, sehingga mampu memicu para UKM lainnya.

"Anneavantiemall.com sebagai sarana fasilitasi kesempatan bagi wirausahawan kreatif Indonesia untuk berkiprah dan lebih berani mendekatkan diri kepada pasar," ujar dia.

Co-founder anneavantiemall.com, Fransiscus Budi Pranata mengatakan bahwa market place tersebut berbeda dari mall online lainnya. "Ini pertama di dunia dari segi national heritage di mana anneavantiemall.com menjual dari batik, etnik fashion, handicraft, musik gamelan, angklung, makanan yang sifatnya khas Indonesia. Bisa saja ini nanti go international, karena model bisnisnya bisa B to C atau pun B to B," lanjut dia.

Lebih lanjut, mantan petinggi Zalora itu mengatakan terdapat lima kategori produk dalam anneavantiemall.com, yaitu UKM, UKM Plus (dengan sentuhan dan seni dari Anne Avantie untuk menambah nilai jual produk), Ready to Wear, Private Collection dan Celebrity Signature di mana selebriti dalat menjadi brand ambassador untuk produk UKM tertentu.

Frans juga mengungkapkan puluhan UKM sudah bergabung, dan diperkirakan ratusan lainnya akan mulai bergabung. Dalam 3 bulan ke depan tim anneavantiemall.com akan mulai memilih produk UKM yang sesuai dengan kriteria kualitas produk.

Produk UKM tersebut akan ditawarkan dengan harga mulai dari 50 ribu hingga 100 ribu rupiah. Anneavantiemall.com ingin sendiri mensasar pasar menengah atas dan menengah bawah. "Ini sesuatu yang bisa dibanggakan oleh Indonesia. Semoga ini bisa menjadi sesuatu yang sangat besar," ujar Frans. kbc10

Bagikan artikel ini: