Tak hanya cantik, putri CT ini juga gesit berbisnis di usia muda

Jum'at, 20 Mei 2016 | 17:14 WIB ET

BUAH jatuh tak akan jauh dari pohonnya. Peribahasa ini tampaknya pas untuk Putri Indahsari atau biasa akrab disapa Putri Tanjung. Ya, anak dari pengusaha ternama Chairul Tanjung (CT) ini juga memilih jalan berbisnis seperti orang tuanya. Jiwa bisnis Putri bahkan sudah terpatri sejak usia 15 tahun, dimana dia mendirikan usaha event organizer (EO) bernama El Paradiso. Sejak itu Putri Tanjung langsung jatuh cinta dengan proses pembuatan sebuah acara. Ia pun tergerak untuk menciptakan acara yang tak hanya menghibur namun juga menginspirasi sebagai wadah anak muda berkreasi.

El Paradiso kemudian berganti nama di tahun 2014 menjadi Creativepreneur Event Creator. Bersama dengan co-founder, Fedrinur Kurdi dan 15 mahasiswa magang, dara kelahiran 1996 itu terjun langsung dalam konsep, pemasatan, produksi, hingga sponsorship.

Meski dirinya adalah anak Bos CT Corp, Putri mengaku tak mau menggunakan nama besar sang Ayah untuk mendapatkan kemudahan dalam bisnis. Bahkan dia juga tidak pernah meminta sokongan dana dari sang ayah untuk membangun bisnisnya ini. Dukungan orangtua yang didapatnya adalah dukungan moral, yang memberikan kepercayaan penuh kepada wanita kelahiran Jakarta tersebut untuk mendirikan usaha sendiri di usia belia. Keluarga juga menjadi sumber energinya ketika banyak orang yang meremehkan.

"Ingat sekali waktu acara Creativepreneur Corner 2015, Bapak adalah salah satu narasumber. Moderator bertanya 'Bapak nggak takut anaknya tertipu, kan Putri masih muda?' Lalu bapak jawab 'Saya nggak peduli Putri tertipu atau rugi miliaran, itu semua uang dia, saya nggak pernah memberi sepeser pun," ungkap Putri.

Karena umurnya yang masih belasan tahun, Putri sering diremehkan dan tak jarang mengalami penolakan. Ia bahkan pernah diusir dan diminta menunggu di pos satpam selama berjam-jam. Tidak patah semangat, Putri ingin menunjukkan bahwa orang-orang tersebut salah. Ia pun berhasil membuktikan dengan selalu banyaknya pengunjung dalam setiap acara yang dibuat oleh Creativepreneur Event Creator.

Tantangan ternyata bukan hanya hadir dari luar namun juga dari dalam diri pemilik nama lengkap Putri Indahsari Tanjung ini. Menjadi anggota paling muda sekaligus pemimpin usaha, ia harus bertanggung jawab terhadap orang-orang yang usianya lebih tua. Walau begitu, Putri bersyukur dengan timnya karena selalu menciptakan suasana kerja yang menyenangkan.

Karena segudang kesibukan, ia harus memiliki pengaturan waktu yang baik untuk keluarga dan para sahabat. "Itu tidak semudah yang kita pikirkan, karena untuk mengurus event harus kerja dari pagi ke pagi bahkan weekend kadang harus tetap kerja. Kesehatan juga menjadi tantangan karena kesibukan aku yang luar biasa dan sering ke luar kota, jadi mudah capek," kata Putri.

Berbekal pengalaman menciptakan sejumlah acara besar yang didasarkan pada rasa nasionalisme tapi sesuai standar internasional, Putri sering didaulat menjadi pembicara. Hal tersebut ternyata membuatnya sedikit was-was karena harus berbagi cerita di depan orang yang lebih tua. Tidak minder, hal itu dijadikannya ajang pembuktian diri agar jangan pernah meremehkan kemampuan anak muda. Berkat Creativepreneur, Putri juga dapat berbagai pengalaman tawaran kerja yang cukup besar untuk orang seusianya.

"Karena Creativepreneur aku bisa menjadi junior consultant untuk beberapa perusahaan ternama yang bukan perusahaan Bapak dan sebagai juru bicara dari kosmetik Wardah. Baru-baru ini aku juga mendapat banyak awards. Aku sangat senang dapat disandingkan dengan Puan Maharani, Rini Sutiyoso dan aku yang paling muda," cerita Putri.

Totalitas Putri dalam mengembangkan Creativepreneur Event Creator pun tak tanggung-tanggung. Meski sedang kuliah di Amerika Serikat, ia tetap menyempatkan waktu untuk mengurus bisnisnya. Putri diketahui mengambil pendidikan tinggi di Academy of Art University, San Francisco, California, AS, jurusan Multimedia Communication.

Dia pun membagikan kiat untuk menyemangati anak muda untuk tidak lelah berusaha. "Intinya teruslah terinspirasi, jangan takut bermimpi karena meski masih muda, kita punya hak yang sama kok untuk sukses dan berusaha," kata Putri.

Ke depan, Putri ingin menularkan semangat usahanya pada sebanyak mungkin anak muda Indonesia. Salah satu caranya adalah memberi dukungan pada salah satu sekolah di Batu Malang yang memberikan mata pelajaran entrepreneur di kurikulumnya. kbc10

Bagikan artikel ini: