Langgar kode etik, izin akuntan terancam dicabut

Selasa, 24 Mei 2016 | 11:10 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo mengatakan akuntan punya peran vital dalam pembangunan bangsa. Dia pun mengibaratkan akuntan seperti dokter dalam sektor ekonomi. Untuk itu, kredibilitas akuntan perlu ditingkatkan melalui sertifikasi profesi. Hal itu mampu meningkatkan kualitas profesi tersebut.

"Profesi akuntan di Indonesia menjawab tantangan perubahan. Akuntan itu dokternya pemerintahan," ujar Mardiasmo dalam sambutannya pada Seminar Nasional Akuntansi di kantornya, Jakarta, Senin (23/5/2016).

Namun, akuntan sendiri ada kode etik dalam menjalankan pekerjaan melalui sertifikat akuntan. Dia pun mengancam bakal memberikan sanksi pencabutan izin praktik apabila para akuntan tak menjalankan sesuai kode etik.

Mardiasmo berharap lembaga negara harus lebih selektif buat menerima para calon akuntan. Ini menjadi kebutuhan bagi pemerintah daerah dalam upaya pembangunan dan peningkatan ekonomi.

"Dalam laporan keuangan kita usulkan untuk yang memiliki sertifikasi. Jadi tidak ada kesalahan. Masa iya hasilnya N/A. Kalau tidak sesuai maka bisa dicabut izin praktiknya," pungkas dia. kbc10

Bagikan artikel ini: