Kecelakaan, helm canggih ini bisa 'panggil' ambulans

Rabu, 1 Juni 2016 | 16:37 WIB ET

BANGKOK, kabarbisnis.com: Helm merupakan perangkat keselamatan yang wajib digunakan oleh pengendara sepeda motor. Meski telah menggunakan helm, kecelakaan yang parah bisa melukai kepala pengendaranya.

Kalau sudah begitu, pertolongan yang cepat sangat dibutuhkan. Untuk itu, perusahaan asal Thailand yang bekerja sama dengan ThaiHealth's Road Safety Project menciptakan helm unik bernama Helpmet. Seperti dilansir Visordown, Selasa (31/5/2016).

Helpmet adalah helm untuk pemotor yang bisa mendeteksi dampak yang serius pada kepala pemotor. Jika terdeteksi dampak serius, helm secara otomatis akan memanggil tim penolong ketika pengendaranya tak sadarkan diri akibat kecelakaan.

Helm canggih ini memanfaatkan perangkat ponsel pintar. Helm menggunakan kartu SIM (seperti kartu SIM pada ponsel), GPS, koneksi ke jaringan telepon, dan baterai yang bisa diisi ulang. Selain itu, Helpmet dilengkapi dengan shock sensor untuk mendeteksi apakah benturan kepala melebihi 95 g-force, angka gaya benturan kepala berbahaya yang menyebabkan orang tidak sadarkan diri.

Saat sensor itu mendeteksi benturan kepala melebihi 95 g-force, maka helm ini akan mengrimkan SMS darurat ke National Emergency Centre dan kontak darurat pengendara secara realtime beserta lokasinya. Dengan begitu, tim penolong beserta ambulansnya langsung datang ke lokasi.

Pengguna Helpmet harus mendaftarkan diri ke situs webnya dan memberikan informasi pribadi mengenai nama, alamat, peringatan alergi atau masalah medis yang diidap sebelumnya. Hal itu akan sangat membantu pertolongan pertama pada korban. kbc10

Bagikan artikel ini: