Japfa Comfeed lego 10% sahamnya ke KKR Jade

Jum'at, 10 Juni 2016 | 05:16 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Emiten pakan ternak PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA) mengumumkan telah menyepakati penjualan sebanyak 10,44 persen saham kepada KKR Jade Investments Pte Ltd, perusahan investasi global yang terafilisi oleh Kohlberg Kravis Roberts and Co LP.

Dalam keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), seperti ditulis Kamis (9/6/2016), PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk dan KKR Jade Investments telah menandatangani subscription agreement atas penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) pada 8 Juni 2016.

KKR Jade Investments Pte Ltd akan membeli 750 juta saham atau mewakili 6,57 persen dari total modal ditempatkan dan disetor Perseroan setelah pengeluaran saham baru. Dana hasil aksi korporasi itu akan digunakan untuk keperluan korporasi umum.

Sebelumnya perseroan akan mengeluarkan sebanyak-banyaknya 1,06 miliar saham baru atau maksimum 10 persen dari jumlah modal ditempatkan dan disetor penuh dengan nilai nominal Rp 200.

"Harga pembelian saham Japfa oleh KKR Jade Investments Pte ltd sebesar Rp 935,60 per saham. Harga itu sesuai dengan peraturan BEI Nomor I-A tentang pencatatan saham dan efek bersifat ekuitas selain saham yang diterbitkan oleh perusahaan tercatat. Sekurang-kurangnya 25 hari bursa berturut-turut di pasar reguler," ujar Sekretaris Perusahaan PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk Maya Pradjono.

Jadi KKR Jade Investments Pte Ltd merogoh kocek sekitar Rp 701,25 miliar untuk membeli saham Japfa Comfeed Indonesia dalam penawaran saham tanpa HMETD itu.

Kemudian Induk usaha perseroan yaitu Japfa Ltd menjual 441,66 juta saham dengan harga pembelian saham Rp 850 per saham kepada KKR Jade Investments. Penjualan saham oleh perusahaan induk usaha Japfa itu sekitar Rp 375,4 miliar. Jadi total pembelian saham Japfa oleh KKR Jade Investment sekitar Rp 1,07 triliun.

Manajemen Japfa Ltd menyebutkan, pemegang saham perseroan setelah penempatan dan penjualan saham atau disebut paket investasi KKR maka Japfa Ltd akan memiliki sekitar 51 persen saham di PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk dan KKR Jade akan memiliki kepemilikan saham sekitar 10,44 persen.

"PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk akan mendapatkan keuntungan atas pengalaman dan pengetahuan KKR pada sektor pertanian dan makanan, serta investasi jangka panjang dalam mempromosikan dan meningkatkan ketersediaan makanan yang sehat dan aman," ujar Chief Financial Officer Japfa Ltd Kevin Monteiro.

Untuk melakukan aksi korporasi itu, PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk akan meminta persetujuan pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 1 Juli 2016.

Adapun KKR Jade Investment Pte Ltd adalah perusahaan investasi yang terafilitas dan dikendalikan oleh Kohlberg Kravis Roberts and Co LP. KKR adalah manajer investasi global yang mengelola berbagai investasi dalam berbentuk aset termasuk private equity, di bidang energi, infrastruktur, real estate, dan dana pinjaman.

Pemegang saham perseroan sebelum aksi korporasi itu antara lain Japfa Ltd memiliki sekitar 58,73 persen, Citibank Singapore sekitar 9,51 persen, dan masyarakat sekitar 31,76 persen.

Pada perdagangan saham Kamis pekan ini, saham PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk naik 4,39 persen ke level harga Rp 1.070 per saham. Nilai transaksi harian saham sekitar Rp 35,3 miliar. Total frekuensi perdagangan saham 2.614 kali. kbc10

Bagikan artikel ini: