Bos Lenovo tak sabar segera jualan sepatu pintar

Senin, 13 Juni 2016 | 04:49 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Lenovo memang cukup gencar mengeluarkan produk terkini untuk gadget. Namun ada sesuatu yang beda di even TechWorld 2016. Produk tersebut adalah sepatu pintar atau Smart Shoes.

Salah satu fungsi utamanya adalah sebagai fitness tracker, sama seperti perangkat-perangkat wearable yang cukup populer belakangan ini. Sepatu ini mampu menghitung dan mencatat langkah kaki dan aktivitas fisik lainnya, sekaligus menganalisis jumlah kalori yang terbakar.

Keistimewaan lainnya terletak di sol sepatu, yang dilengkapi scanner 3 dimensi dan sensor pendeteksi tekanan. Tidak dijelaskan lebih detail apa saja yang bisa dipindai dengan scanner tersebut, tetapi paling tidak sensor serupa sering dipakai untuk menganalisis berat badan dan komposisi massa otot.

Namun sepatu ini dibuat bukan hanya untuk olahraga. Sensornya juga dimanfaatkan sebagai kontrol untuk memainkan game. Penggunanya cukup bergerak ke kanan dan ke kiri, atau meloncat-loncat. Lenovo menyebutnya Gaming in Motion.

Saat ini, sepatu pintar Lenovo masih berupa prototipe. Namun CEO Yan Yuanqing mengisyaratkan bahwa produk tersebut sangat mungkin untuk segera diproduksi dan dijual, mengingat respons publik yang menurutnya cukup positif.

"Kita bisa menghadirkannya ke pasar very soon," kata Yan dalam sesi tanya jawab dengan wartawan, di sela-sela pagelaran TechWorld 2016 di The Masonic, San Francisco. kbc10

Bagikan artikel ini: