Bangun smelter di Gresik, Freeport sewa lahan 100 Ha milik AKRA

Selasa, 2 Agustus 2016 | 10:49 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Manajemen PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) mengakui adanya rencana dari PT Freeport Indonesia untuk membangun pabrik pemurnian mineral atau smelter di kawasan JIIPE (Java Integrated Industrial and Port Estate) kabupaten Gresik, Jawa Timur.

"Kami memang sudah ada perjanjian penyewaan tanah dengan Freeport Indonesia," kata Direktur Utama AKRA, Haryanto Adikoesoemo di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (1/8/2016).

Freeport dalam hal ini telah mengajukan izin prinsip kepada badan penanaman modal Jawa Timur dalam rangka membangun smelter seluas 100 hektare (Ha) di kawasan JIIPE.

Hanya saja, Haryanto belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut, karena pihaknya pun belum mengetahui kapan pembangunan smelter tersebut akan dimulai.

Kemungkinan besar, pembangunan dimulai setelah Freeport Indonesia mendapatkan seluruh perizinan dari pihak-pihak terkait. "Kami belum tahu kapan mulai digarapnya, itu tergantung pihak Freport," tandas Haryanto.

Sekadar informasi, JIIPE merupakan kawasan industri seluas 1.800 hektare yang terintegrasi dengan pelabuhan, yang dikembangkan PT Berlian Jasa Terminal Indonesia, anak usaha PT Pelindo III (Persero), PT Usaha Era Pratama Nusantara, dan anak usaha PT Aneka Kimia Raya Corporindo Tbk (AKRA). kbc10

Bagikan artikel ini: