Paket ekonomi kembali meluncur bulan ini, fokus e-commerce dan rumah murah

Rabu, 3 Agustus 2016 | 10:14 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Meski pelaksanaan Paket Kebijakan Ekonomi sampai saat ini masih bermasalah, pemerintah menyebut bakal kembali meluncurkan paket ekonomi. Darmin Nasution, Menko Perekonomian mengatakan, paket ekonomi ke-13 tersebut akan diluncurkan Agustus ini.

Teten Masduki, Kepala Staf Kepresidenan mengatakan, setidaknya akan ada dua paket ekonomi yang diluncurkan. "Pertama, mengenai e-commerce," katanya di Jakarta Selasa (2/8/2016).

Kedua, mengenai pembangunan rumah murah. Teten mengatakan, sebelum diumumkan, paket tersebut akan diusulkan ke Presiden Joko Widodo terlebih dahulu.

Sementara itu, di tengah rencana pemerintah meluncurkan paket ekonomi ke- 13, Pokja III Satgas Percepatan dan Efektifitas Pelaksanaan Paket Kebijakan Ekonomi menyatakan, tingkat kepuasan dunia usaha terhadap selusin paket kebijakan ekonomi yang telah dikeluarkan pemerintah masih rendah. Berdasarkan hasil survei oleh Pokja III, tingkat kepuasan dunia usaha masih di bawah 50%.

Wakil Ketua Pokja III Raden Pardede mengatakan, mayoritas pengusaha masih belum yakin dengan keseriusan pemerintah dalam melaksanakan paket yang mereka keluarkan. Salah satu keraguan itu dirasakan kalangan dunia usaha terhadap proses pemangkasan ijin investasi.

Raden mengatakan walau pemerintah pusat sudah memangkas ijin investasi di pusat, tapi kebijakan tersebut tidak disinkronkan dengan daerah. Alhasil, walau proses perijinan dipusat sudah cepat, itu belum bermanfaat penuh.

"Karena begitu pusat selesai di daerah itu tidak melanjutkan, mulai dari nol lagi. Ini percuma karena proyek kan di daerah semua," katanya.

Selain soal perijinan, Kekecewaan dunia usaha juga dipicu oleh masalah efektifitas pelaksanaan paket. Menurutnya, ada beberapa paket yang pelaksanaannya tidak berdampak sesuai harapan dan aturannya tidak sinkron dengan aturan lain. kbc10

Bagikan artikel ini: