Penjualan PC gaming terus meningkat

Kamis, 4 Agustus 2016 | 22:33 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Peritel produk IT yang berbasis di Surabaya, Berlian Komputer, mencatat pertumbuhan permintaan yang cukup tinggi pada produk personal computer (PC) khususnya yang mempunyai spesifikasi untuk bermain game berat.

Direktur Berlian Computer, Hanny Christiono, mengatakan, dalam dua tahun belakangan permintaan PC untuk gaming meningkat seiring dengan pertumbuhan jumlah game internet.

“Permintaan PC untuk gaming terus meningkat dalam 2 tahun belakangan. Puncaknya pada tahun ini dimana pertumbuhan permintaan bisa mencapai 40% dibandingkan tahun 2015 lalu secara year-on-year. Saat ini penjualan PC untuk game berkisar 15 unit per bulan atau sekitar 250 unit per tahun,” katanya kepada wartawan di sela peluncuran Mini PC Intel NUC Skull Canyon untuk pasar Surabaya di Matchbox Too Cafe Surabaya, Kamis (4/8/2016).

Ia menambahkan, permintaan PC kini sudah mulai bergeser dari ukuran desktop ke form factor yang lebih kecil seperti Intel NUC Skull Canyon. Produk besutan Intel ini merupakan mini PC dengan kemampuan tinggi yang juga ditujukan untuk bermain game berspesifikasi tinggi.

Intel NUC Skull Canyon dibekali prosessor Intel Core i7 generasi terbaru yang disandingkan dengan chipset grafis Intel Iris Pro Graphics 580. Kombinasi keduanya diklaim mampu menangani komputasi kelas berat termasuk bermain game.

Mini PC ini mempunyai dimensi yang kompak dengan ukuran hanya sebesar telapak tangan orang dewasa sehingga mudah dipindah dan dibawa, untuk kemudian dihubungkan pada Iayar monitor. “Keunggulan lain dari produk ini adalah konsumsi daya yang kecil, maksimal sektiar 80 watt sehingga tidak membebani ketika digunakan dalam jangka waktu panjang,” imbuh Hanny. Produk ini dibanderol Rp 9 jutaan per unit, diluar memory dan harddisk.

Ia menambahkan, pasar komputer untuk game di Surabaya menjadi salah satu yang pertumbuhannya masih cukup tinggi disamping Jakarta, Semarang dan Palembang. “Indikasinya adalah pertumbuhan warnet game yang terus bertumbuha di kota-kota tersebut,” ujar Hanny. kbc8

Bagikan artikel ini: