Lebih dari 8000 peserta ikut Olimpiade Sains Pertamina

Rabu, 4 November 2009 | 11:07 WIB ET

SURABAYA - Peserta Olimpiade Sains yang dihelat oleh PT Pertamina mencapai lebih dari 8.000 peserta. Jumlah ini dua kali lipat dari jumlah peserta OSN PTI tahun 2008.

Seluruh peserta tersebut telah diseleksi pada hari Selasa kemarin di 33 universitas di 33 propinsi yang menjadi rekanan Pertamina.

Media Relation PT Pertamina Persero Wianda Pustonegoro menyatakan, peserta yang sudah terdaftar dan mengikuti seleksi mencapai lebih dari 8.000 orang peserta yang berasal dari seluruh Indonesia.

Menurut Wianda, dari Putaran I akan di tentukan sebanyak 33 peserta untuk setiap bidang atau 99 peserta untuk ketiga bidang yang akan mengikuti Putaran II (Seleksi Pusat) yang dilangsungkan di Jakarta.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Galaila Karen Agustiawan dalam sambutannya mengatakan, "Melalui program Olimpiade Sains ini, Pertamina berharap mampu melakukan investasi di bidang Sumber Daya Manusia Bangsa Indonesia. Sehingga ke depan, bangsa ini akan semakin banyak melahirkan ahli-ahli di bidang Matematika, Fisika, dan Kimia, yang tidak menutup kemungkinan akan turut serta membangun dan membesarkan Pertamina di masa mendatang," ujarnya dalam keterangan resmi kepada kabarbisnis.com, Rabu (4/11/09).

Penetapan 33 peserta untuk ketiga bidang didasarkan pada 22 rangking terbaik dan 11 kuota perwakilan wilayah.Khusus untuk kuota perwakilan wilayah, diwakili oleh provinsi yang tidak termasuk dalam kelompok 22 rangking terbaik dan terbagi kedalam tiga wilayah Barat-Tengah-Timur. Seleksi pusat sendiri akan dilaksanakan di Jakarta pada 5-9 Desember. Putaran II akan dilangsungkan dalam tiga tahapan seleksi yaitu Seleksi Tahap I (Quarter Final), Seleksi Tahap II (Semi Final) dan Seleksi Tahap III (Grand Final)

Olimpiade Sains Nasional Perguruan Tinggi Indonesia (OSN-PTI) di mulai tahun 2008 dan mendapat respon yang tinggi dari para mahasiswa. Dengan prestasi tersebut, maka Dirjen Dikti meminta Pertamina untuk menjadikan program ini sebagai program reguler.

Pada tahun 2009, Pertamina kembali melaksanakan OSN-PTI, bekerjasama dengan TIM Universitas Indonesia sebagai penanggung jawab Teknis dan Harian Republika sebagai penanggung jawab Event dan Seremonial (Non Teknis).

Pemenang di seleksi daerah ini akan mendapatkan hadiah Rp 7,5 juta untuk juara pertama, Rp 5 juta untuk juara II dan Rp 2,5 juta untuk pemenang ketiga. Hadiah diberikan untuk masing-masing bidang.

Hadiah akan diserahkan tanggal 10 Nopember 2009, sekaligus pelepasan secara simbolik Pemenang 1 untuk ke Jakarta. Pemenang terbaik 1 di propinsi akan diundang ke Jakarta dengan satu dosen pendamping dari Universitas tempat seleksi dilaksanakan untuk mengikuti seleksi semifinal tanggal 5 hingga 9 Desember 2009. kbc6

Bagikan artikel ini: