Ramah untuk wisatawan muslim, Taiwan bidik 200 ribu pelancong Indonesia

Minggu, 28 Agustus 2016 | 15:25 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Biro Pariwisata Taiwan membidik sedikitnya 200 ribu wisatawan asal Indonesia untuk berkunjung ke negara di Asia Timur tersebut pada tahun ini. Director Taiwan Tourism Bureau KL Office David Tsao mengatakan Indonesia adalah salah satu penyumbang wisatawan terbanyak di Taiwan setelah Singapura dan Malaysia.

"Setiap tahun, wisatawan Indonesia yang bekunjung ke Taiwan selalu meningkat dan saat ini Indonesia menempati posisi ketiga untuk wisawatan luar negeri yang berkunjung ke Taiwan. Kedepan kami ingin mengajak lebih banyak lagi wisatawan Indonesia untuk berkunjung ke Taiwan," katanya kepada wartawan di sela pariwisata Taiwan di Grand City Mall & Convex Surabaya, Sabtu (/8/2016).

David menambahkan, salah satu langkah untuk menarik wisatawan asal Indonesia, yang mayoritas beragama muslim, kini banyak restoran-restoran Taiwan yang menyajikan menu halal. Saat ini sudah ada sekitar 80 restoran yang bersertifikasi halal di seluruh Taiwan. Selain itu, ruang sholat dan dan Alquran juga sudah banyak disediakan di dalam kamar hotel.

Selain itu, pemerintah Taiwan juga menyediakan kemudahan pangurusan visa dimana calon wisatawan hanya perlu mendaftar via online tanpa harus datang ke kedutaan besar atau konsulat jenderal yang bersangkutan.

Taiwan sendiri menawarkan pemandangan alam yang berbeda dari Indonesia yang merupakan daerah tropis. Salah satunya seperti di wilayah Utara Taiwan tepatnya di Pulau Li yang lebih dingin bisa ditemui hujan salju dan juga pemandangan alamnya.

Tahun lalu, tercatat jumlah wisatan mancanegara di Taiwan mencapai 10,439 juta di mana sekitar 177.743 merupakan wisatawan asal Indonesia. Dari jumlah tersebut sektiar 60% diantaranya merupakan wisatawan yang berkunjung untuk tujuan berlibur sedangkan sisanya melakukan perjalanan bisnis.

Selain dikenal dengan keindahan alamnya, Taiwan juga merupakan salah satu negara maju di bidang teknologi informasi. Beberapa perusahaan teknologi besar berasal dari negara ini, sebut saja Asus, HTC, Foxconn, Gigabyte, Acer, BenQ dan lainnya. kbc8

Bagikan artikel ini: