Asyik! BTN siapkan skema KPR untuk pekerja informal

Rabu, 21 September 2016 | 09:26 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Bank Tabungan Negara Tbkmmenargetkan pada Desember 2016 akan meluncurkan proyek perumahan bagi pekerja di sektor informal.

Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara Tbk. (BTN) Maryono mengatakan, angka kesenjangan antara kebutuhan dan ketersediaan hunian atau backlog saat ini yang berkisar antara 11 juta hingga 13 juta rumah. Kebutuhan tiap tahun meningkat sekitar 800.000 unit rumah, sementara kemampuan penyediaan selama ini hanya sekitar 400.000 unit, sehingga terjadi backlog atau defisit sekitar 400.000 unit tiap tahun. 

Maryono mengatakan, hingga saat ini sudah banyak stimulus yang diberikan untuk program perumahan rakyat, tetapi asas kehati-hatian yang diterapkan perbankan sulit untuk begitu saja menjangkau pekerja informal. Padahal, sektor ini menyumbang angka backlog yang tinggi.

"Sehingga kami membuat terobosan lain, kami tidak hanya melakukan pembiayaan yang subsidi dan non-subsidi, tetapi kami akan masuk lebih dalam melalui KPR untuk pendapatan tidak tetap atau sektor informal,” katanya.

BTN bekerja sama dengan pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk dapat menciptakan trobosan pengembangan rumah yang cepat, murah dan layak huni.

"Sekarang tinggal tunggu desain rumah yang layak ini bagaimana. Kita harapkan di Desember kita launching untuk rumah pendapatan tidak tetap ini,” katanya. kbc9

Bagikan artikel ini: