SMAN 4 Surabaya borong juara lomba kidungan

Jum'at, 6 November 2009 | 19:26 WIB ET

SURABAYA - SMAN 4 Surabaya memborong dua gelar pemenang dalam Lomba Kidungan Surabaya yang diselenggarakan oleh Surabaya Plaza Hotel (SPH) pada 5-6 November 2009.

Dua siswa SMAN 4 Surabaya yang menyabet juara pertama dan kedua lomba tersebut yaitu Bagus Suryo Purnomo dan Muhammad Isamesal. Sedangkan juara ketiga diraih mahasiswa STIE Perbanas, Rianto Prasetyo Wibowo.

Yusak Anshori, General Manager Surabaya Plaza Hotel yang bermotto “Yes, I Care!” ini menyatakan, lomba ini diadakan untuk memperingati hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November.

“Kami sengaja menggelar lomba kidungan ini untuk memberikan warna lain dalam memperingati hari Pahlawan,” jelas Yusak usai menyerahkan piala kepada para pemenang di SPH, Jum’at (6/11/09).

Yusak menambahkan, acara ini diharap dapat menjadi pembangkit rasa nasionalisme dan semangat juang bangsa kita serta untuk melestarikan seni budaya tradisional di Indonesia, khususnya di Jawa Timur.

Acara ini merupakan hasil kerjasama SPH dengan Dewan Kesenian Jawa Timur, RRI dan Pemerintah Kota Surabaya. Bagi SPH yang termasuk dalam jaringan hotel Grup Prime Plaza Hotels & Resorts, lomba ini merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) bagi masyarakat Surabaya.

Lomba yang diperuntukkan bagi pelajar dan mahasiswa ini merupakan kegiatan yang cukup unik mengingat tidak banyak yang mau menampilkan kidungan dari kalangan muda saat ini.

“Kidungan kurang populer saat ini sebab upaya pemupukan minat terhadap seni budaya tradisional di kalangan muda kita semakin minim. Termasuk juga kurangnya upaya pelestarian budaya ini,” jelas Kirun, seorang seniman seni tradisional yang pada kesempatan itu didapuk menjadi juri lomba. kbc3

Bagikan artikel ini: