Awas! Pemilik bangunan mangkrak bakal dikenai sanksi

Rabu, 19 Oktober 2016 | 09:33 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah mulai melakukan pengendalian dan pengawasan terhadap pemanfaatan ruang, terutama penerapan di setiap daerah.

Direktur Jenderal Tata Ruang Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) Budi Situmorang mengatakan, hal tersebut dilakukan seiring dengan maraknya gedung-gedung yang pembangunannya mangkrak.

Menurut dia, jika bangunan mangkrak maka hal tersebut telah melanggar regulasi tata ruang. Sebab, gedung yang tengah dikonstruksi memiliki batasan waktu soal pemanfaatan ruangnya.

"Itu ada di regulasi, artinya di dalam memanfaatkan ruang dia itu harus memanfaatkan ruangnya berapa lama, jadi berapa tahun itu harus jadi, cuma memang kembali lagi pengendalian pemanfaatan ruangnya yang perlu masuk ke sana," katanya, Selasa (18/10/2016).

Budi menambahkan, jika ruang atau sebuah bangunan tersebut tidak lagi bisa dimanfaatkan dan mangkrak, pemilik bangunan harus dikenakan sanksi.

"Karena dia membangun punya risiko macam-macam. Yang pasti setiap jengkal ruang itu harus ada manfaatnya, kalau mangkrak harus di review lagi ke pemiliknya," terangnya. kbc10

Bagikan artikel ini: