Dukung program Laku Pandai, program menabung sinergi bank dan jaringan ritel ini dilanjutkan

Jum'at, 28 Oktober 2016 | 08:17 WIB ET
(istimewa)
(istimewa)

SURABAYA, kabarbisnis.com: PT Bank Sahabat Sampoerna (Bank Sampoerna) bersama PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk dan PT Midi Utama Indonesia Tbk (pemilik jaringan Alfamart dan Alfamidi) kembali melanjutkan pilot project produk TASAKU (Tabungan Sampoerna – AlfamartKu) dalam acara yang diresmikan di gerai Alfamart Dr Moestopo Mojo, Surabaya, Kamis (27/10/2016).

Tahap awal TASAKU yang berjalan selama periode April hingga Desember 2015 telah berhasil menjaring sedikitnya 9.000 nasabah dan dilayani di 25 Alfamart dan 10 Alfamidi yang tersebar di Surabaya dan Sidoarjo. TASAKU merupakan produk tabungan yang sederhana, mudah dipahami, dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang belum dapat menjangkau layanan keuangan. Selain itu, produk ini juga dapat melancarkan kegiatan ekonomi masyarakat sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan antarwilayah di Indonesia terutama antara desa dan kota.

“Banyak anggota masyarakat yang belum mengenal, menggunakan atau belum terbiasa mendapatkan layanan perbankan dan layanan keuangan karena bertempat tinggal di lokasi yang jauh dari kantor bank atau adanya biaya atau persyaratan yang memberatkan. Sangat tepat jika Bank Sampoerna menggandeng Alfamart dan Alfamidi lewat Produk TASAKU. Produk ini merupakan produk kerjasama terobosan,” ujar Direktur Utama Bank Sampoerna Ali Rukmijah saat ditemui di sela-sela peresmian TASAKU.

TASAKU memiliki beberapa keunggulan dibanding produk tabungan lainnya seperti, setoran awal yang ringan, transaksi bisa dilakukan di seluruh Alfamart dan Alfamidi yang terpasang stiker logo SAKU, transaksi dapat dilakukan sesuai dengan jam operasional Alfamart dan Alfamidi yang telibat, menabung tanpa biaya administrasi, dan uang tabungan bisa diambilkan dari kembalian belanja. Saat ini, TASAKU sudah tersedia di 200 gerai yang berlokasi di 10 Alfamidi dan 190 Alfamart yang tersebar di Kota Surabaya dan Sidoarjo. Penambahan toko dengan jumlah yang cukup banyak ini dilakukan karena melihat antusiasme terhadap TASAKU pada pilot project sebelumnya.

“Target kami, dengan bertambahnya jumlah Alfamart dan Alfamidi rekanan, kami dapat menjaring sedikitnya 20.000 nasabah hingga akhir tahun 2016. Dengan banyaknya keunggulan yang ditawarkan TASAKU, kami yakin masyarakat dapat menabung secara praktis dan bertransaksi dengan lebih mudah,” ujar Ong Tek Tjan selaku Direktur UKM, Funding, FI dan Jaringan Kantor Bank Sampoerna

TASAKU merupakan bukti nyata dukungan Bank Sampoerna terhadap Program LAKU PANDAI (Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam rangka Keuangan Insklusif) yang dicanangkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) beberapa waktu yang lalu. 

Perwakilan dari Grup Sampoerna Strategic, Siriwan Aramserewong menambahkan bahwa kerja sama ini merupakan wujud komitmen pemegang saham yang tak hanya dalam bentuk pembiayaan dan permodalan, tapi juga brand value, knowledge dan skill yang akan membawa Bank Sampoerna tumbuh berkelanjutan. 

Sementara itu Hans Harischandra Tanuraharjo selaku Business Development Director Alfamart mengatakan, kerja sama ini merupakan sinergi bisnis yang strategis. “Kami berharap kerja sama ini mampu memberikan manfaat positif bagi masyarakat. Jadi, saat ini konsumen punya pilihan apakah uang kembalian belanjanya mau dikembalikan, didonasikan, atau ditabung,” ujarnya.

Acara ini juga dihadiri oleh Perwakilan dari OJK yaitu Agus Sugiarto selaku Kepala Departemen Literasi dan Inklusi Keuangan OJK, perwakilan pejabat Pemerintahan Kota Surabaya, Kholid MM selaku Kepala Bagian Perekonomian, perwakilan Alfamart yaitu Hans Harischandra Tanuraharjo selaku Business Development Director Alfamart, Rini Dianawati selaku Branch Manager Alfamidi Surabaya, perwakilan dari Grup Sampoerna Strategic, Siriwan Aramserewong serta Manajemen Bank Sampoerna antara lain Ali Rukmijah selaku Direktur Utama Bank Sampoerna, Ong Tek Tjan selaku Direktur UKM, Funding, FI dan Jaringan Kantor Bank Sampoerna, Lie Liliana selaku Direktur Operasi dan Teknologi Informasi dan beberapa senior level manajemen Bank Sampoerna.

Pada kesempatan yang sama, Bank Sampoerna juga memberikan voucher TASAKU kepada sebanyak 100 pedagang. Hal ini merupakan bentuk kepedulian sosial perusahaan kepada sektor usaha mikro di lingkungan sekitarnya. kbc9

Bagikan artikel ini: