Ford siap daratkan Fiesta ke Indonesia?

Jum'at, 2 Desember 2016 | 14:20 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Ford mengemas banyak sekali teknologi terbaru dalam paket ringkas new Fiesta generasi terbaru yang baru saja diluncurkan. Mulai dari fitur-fitur safety yang serba otomatis, infotainment yang lebih menarik hingga paket driving dynamic yang lebih menyenangkan, Fiesta generasi ke tujuh menjejakkan kakinya di satu step lebih tinggi.

Ford memperkenalkan rival Honda Jazz ini di Cologne, Jerman Rabu waktu setempat. Terdiri dari tipe tiga pintu dan lima pintu. Dan Ford menyiapkan model ini untu pasar Eropa bukan Amerika Serikat. Ford juga menyiapkan Fiesta untuk pasar Asia Pasifik.

Desain eksteriornya terlihat lebih dewasa dengan lampu utama lebih sipit, grille lebih lebar dan lampu belakang ditata horisontal.

berdasarkan kelangkapannya ada tiga varian yang dipersiapkan yaitu ST Line yang lebih berorientasi pada peforma dengan tampilan lebih agrersif, alloy wheel lebih besar, side skirt, sport suspension dan flat-bottom steering wheel. Yang kedua adalah Titanium yang klasik. varian baru adalah Vignale. Untuk pertamakalinya Fiesta menawarkan varian ini yang menonjolkan material lebih mewah, termasuk jok kulit.

Untuk tipe lima pintu ada varian Active yang kental aroma SUV. Bukan pengganti Ford EcoSport -yang juga dibangun dengan basis Fiesta- tapi hanya sekedar membuatnya sedikit lebih tinggi. Seperti Toyota Vios Heykers atau Suzuki SX4 S-Cross.

Generasi ketujuh ini masih mempertahankan platform yang dipakai generasi ke-enam. Kombinasi suspensi tetap mcPherson struts di depan dan torsion beam dibelakang. Lebar track roda depan dan belakang sedikit bertambah yaitu 30 mm didepan dan 10 mm di belakang. Torsional stiffness body naik 15 persen. Perubahaan itu itu meningkatkan aspek driving dynamics mobil baik dari sisi stabilitas maupun kelicahan.

Seperti desain eskteriornya yang lebih dewasa, kabin fiesta juga lebih rapi. Jumlah tombol berkurang digantikan layar berukuran 6,5 inch untuk mengoperasikan beragam fungsi dan infotainment. Versi yang lebih mahal menggunakan layar 8 inch.

Teknologi yang membantu pengemudi banyak diturunkan dari Ford Focus yang satu lapis diatasnya. Materia interior juga lebih mewah dari sebelumnya untuk memposisikan Fiesta lebih tinggi di pasar mobil kecil.

Mesin yang dipakai adalah 1,1 liter tiga silinder bensin yang memproduksi daya maksimlah 70 hp atau 85 hp. Yang lebih tinggi menggunakan mesin bensin 1.0 liter tiga silinder turbo Ecoboost yang memproduksi 125hp dan 100 hp. Mesin inidilengkapi dengan silinder deactivation untuk memangkas konsumsi bahan bakar dan menekan emisi gas buang. Mesin ketiga adalah mesin diesel 1,5 liter 94 hp.

Untuk Asia Pasifik Ford mempertimbangkan varian dengan harga yang lebih terjangkau. Tentu saja akan ada sejumlah kompromi untuk mendapatkan titik keseimbangan baru antara harga dan fitur. Kabarnya Fiesta baru untuk Asia Pasifik akan diluncurkan 2019. Di Indonesia, Fiesta memiliki penggemar yang relatif banyak. Menarik untuk mengetahui apakah generasi ketujuh ini akan dipasarkan di sini. kbc10

Bagikan artikel ini: