Bankir optimis kinerja di akhir tahun sesuai target

Senin, 26 Desember 2016 | 11:14 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Beberapa bankir optimistis target kinerja sampai akhir 2016 ini bisa tercapai. Hal ini utamanya disebabkan karena pertumbuhan kredit pada November 2016 secara industri sudah lebih baik dibandingkan bulan sebelumnya.

Sebagai informasi, sampai November 2016, pertumbuhan kredit industri perbankan menurut catatan Bank Indonesia (BI) sebesar 8,5% secara tahunan atau year on year (yoy). Pertumbuhan kredit November ini lebih baik dibandingkan Oktober 2016 yang naik hanya 7,4% yoy.

PT Bank Bukopin Tbk optimis dengan mulai membaiknya kredit pada akhir tahun ini bisa mendorong target kinerja sampai akhir tahun. “Diprediksi sampai akhir tahun kinerja akan tumbuh sesuai rencana,” ujar Glen Glenardi, Direktur Utama Bank Bukopin, Jumat (23/12).

Glen mengatakan pertumbuhan kredit sampai akhir tahun ini utamanya dikontribusikan dari sektor retail UKM dan mikro. Tahun depan Bank Bukopin akan fokus ke produktifitas sebagian bagian dari strategi.

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk mengatakan sampai November 2016 mencatatkan kenaikan kredit sebesar 16% yoy. Haru Koesmahargyo, Direktur Keuangan RI mengatakan pada tahun depan diharapkan pertumbuhan kredit antara 12% sampai 14% yoy.

“Realisasi kinerja tahun ini utamanya dikontribusikan dari sektor mikro dan UKM,” ujar Haru.

Selain itu pada tahun depan diproyeksi pertumbuhan kinerja akan lebih didorong oleh sektor konsumsi dan infrastruktur. Haru mengatakan pada tahun depan diproyeksi pertumbuhan laba akan relatif sama dengan tahun ini yaitu 2%. kbc10

Bagikan artikel ini: