Jamin keselamatan pengguna jalan, Kementerian PUPR evaluasi jembatan bentang panjang

Rabu, 28 Desember 2016 | 17:52 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kementerian Perkerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memonitoring dan mengevaluasi infrastruktur jembatan dengan bentang panjang di seluruh Indonesia. Hal itu dilakukan secara regular dengan memperhatikan struktur bangunannya untuk mengetahui kondisi jembatan terkini.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR selaku Ketua Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ), Arie Setiadi Moerwanto mengatakan, evaluasi itu untuk menjamin keselamatan pengguna jalan. “Demi keselamatan, makanya perlu dilakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap keamanan jembatan,” ungkapnya di Jakarta, baru-baru ini.

Jembatan Cisomang menjadi salah satu infrastruktur yang telah dimonitor dan dievaluasi. Jembatan tersebut terletak di jalan tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi), tepatnya di KM 100+700.

Dari hasil evaluasi oleh PT Jasa Marga sebagai Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang dilaporkan kepada KKJTJ dan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), pekan lalu, terjadi pergeseran atau deformasi pada pilar kedua (P2) melebihi batas izin yang disyaratkan. Meski demikian, vibrasi jembatan tersebut masih dalam ambang batas aman.

Mengacu pada hasil evaluasi tersebut, Kementerian PUPR menginstruksikan untuk membatasi beban lalu lintas yang diizinkan melalui jembatan Cisomang. Jembatan itu hanya akan bisa dilalui oleh kendaraan golongan I. kbc10

Bagikan artikel ini: