Kadin dorong anak muda Indonesia jadi pengusaha dan buka lapangan kerja

Senin, 23 Januari 2017 | 10:40 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mengingatkan pemuda untuk berani membuka usaha dan menciptakan lapangan kerja. Untuk memulai usaha, Kadin mengatakan tidak perlu takut jika belum mempunyai modal besar.

"Kalau untuk jadi pengusaha tidak perlu modal, yang penting adalah kemauan. Modal bukan alasan. Nanti untuk membesarkan usaha baru butuh modal," ujar Ketua Pemberdayaan Tenaga Kerja Dalam Negeri (PTDN) Kadin, Adi Mahfudz, di Kementerian Perindustrian, Jakarta, akhir pekan lalu.

Namun, bagi yang tidak memilih menjadi pengusaha, Adi memberikan sejumlah tips untuk para pemuda yang ingin mendapatkan kerja. Satu hal yang perlu ditingkatkan ialah kompetensi diri.

"Para pekerja harus mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin. Tidak hanya sekedar punya cv yang bagus, tapi bagaimana kita memanfaatkan dan meningkatkan kompetensi yang kita miliki sebagai bahan utama dalam mencari pekerjaan," ujar Adi.

Dalam kesempatan tersebut Adi mengatakan, selain mendorong tenaga kerja memiliki kompetensi yang optimal, Kadin juga terus berusaha mendorong penyerapan tenaga kerja. Salah satu hal yang dilakukan adalah mengadakan roadshow bursa kerja atau jobfair keseluruh daerah di Indonesia.

"Kita melakukan roadshow ke daerah melalui Kadinda, seperti hari ini. Ini merupakan jobfair keempat," ungkap Adi. kbc10

Bagikan artikel ini: