Bekraf dorong peningkatan akses pelaku ekonomi kreatif ke perbankan

Senin, 20 Februari 2017 | 12:36 WIB ET

MALANG, kabarbisnis.com: Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mendorong peningkatan kapasitas ekonomi kreatif (Ekraf) terutama dalam mengelola keuangan agar akses ke bank menjadi semakin mudah dan terbuka dengan menggandeng Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) dan perbankan syariah.

Deputi II Bidang Akses Permodalan Bekraf Fadjar Hutomo mengatakan bentuk kerja sama dengan menggandeng STAN dan Perbankan Syariah berupa pelatihan .

“Mengelola Keuangan dengan Smartphone” di Gedung 1 Ruang 101 Kampus PKN STAN, Bintaro, Tangerang, akhir pekan lalu.

“Kegiatan ini bertujuan melatih pelaku ekonomi kreatif membuat pencatatan keuangan pada history record usaha mereka dan membuat laporan dengan aplikasi akuntansi yang baik untuk pengajuan pembiayaan ke perbankan,” katanya dalam keterangan resminya.

Hal itu penting karena laporan keuangan merupakan h salah satu syarat pelaku ekonomi kreatif dalam mengakses pembiayaan perbankan. Bekraf memfasilitasi pelaku ekonomi kreatif membuat laporan keuangan dan didukung aplikasi akuntasi untuk kemudahannya.

STAN digandeng Bekraf dengan melibatkan relawan mahasiswanya untuk mendampingi pelaku ekonomi kreatif dalam membuat laporan keuangan menggunakan aplikasi akuntansi UKM.

Alumni seri kelas keuangan Tangerang Selatan dengan UKM Sahabat Pajak yang berjumlah lebih dari 100 orang menjadi peserta pelatihan ini.

Direktur Akses Perbankan Bekraf Restog K. Kusuma menambahkan pelatihan ini merupakan lanjutan seri kelas keuangan parbankan syariah yang dilaksanakan tahun lalu di Tangerang Selatan.

Kali ini, pelaku ekonomi kreatif mendapat pendampingan mahasiswa STAN dalam membuat laporan menggunakan aplikasi akuntansi UKM. kbc10

Bagikan artikel ini: