Awas! Hacker mampu kendalikan smart car melalui sebuah aplikasi

Selasa, 21 Februari 2017 | 09:51 WIB ET

RUSIA, kabarbisnis.com: Peneliti dari Rusia menemukan kekhawatiran pada pengguna aplikasi untuk Android Cars. Mereka telah dideteksi secara luas pada kode aplikasi dari sejumlah industri mobil. Hal ini memungkinkan para hacker untuk mengambil kendali kendaraan.

Banyak industri mobil saat ini telah menyuplai hak milik aplikasinya. Hal ini memungkinkan pengguna membuka pintu mengunakan handphone saat ingin menggunakan mobil mereka.

Tapi, menurut Russian Antivirus serta perusahaan keamanan komputer, Kaspersky, ada beberapa kelemahan pada aplikasi ini, sebab bisa saja diekploitasi oleh penyerang.

Sekali hal tersebut dieksploitasi, hacker bisa mengambil kendali lebih dari mobil Anda. Seperti misalnya mengunci pintu, menyalakan alarm keamanan, dan mencuri mobil tersebut.

Peneliti dan development specialist, Victor Chebyshev dan Malware Alalyst, Mikhail Kuzin coba menguji tujuh aplikasi dan mencari tahu ketahanan mereka saat menemukan kelemahan bahwa hacker bisa saja mendapatkan kendali yang bervariasi dari setiap aplikasi.

Chebyshev menemukan bahwa aplikasi yang terhubung dengan mobil tidak siap pada serangan malware.

“Kami berharap bahwa perusahaan mobil ini bisa turun ke jalan yang sama. Dan bahwa bank juga telah siap mengambil aplikasi mereka,” ungkapnya seperti dinukil dari laman Daily Mail, Selasa (21/2/2017).

“Setelah kasus penyerangan ini, banyak bank telah memperbaiki keamanan pada produk mereka,” tambahnya. kbc10

Bagikan artikel ini: