Perkuat pasar kebugaran, Celebrity Fitness merger dengan Fitness First Asia

Jum'at, 24 Februari 2017 | 09:32 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Dua klub fitness papan atas, Celebrity Fitness dan Fitness First Asia, pada Kamis (23/2/2017) mengumumkan merger. Merger dua klub fitness ini akan menciptakan salah satu jaringan klub fitness terbesar di Asia.

Setelah merger, klub baru yang terbentuk berada di bawah Evolution Wellness Holdings Pte Ltd. Evolution Wellness akan memiliki 152 klub fitness di seluruh Asia.

Evolution Wellness menggabungkan dua tim manajemen paling berpengalaman dalam industri kesehatan dan kebugaran di Asia. Evolution Wellness akan melayani 400.000 anggota dengan gabungan kekuatan sebanyak 7.000 karyawan.

Celebrity Fitness dan Fitness First Asia mencatat pendapatan sebesar 76 juta dollar AS dan 219 juta dollar AS untuk tahun keuangan pada 2016 lalu.

CEO Evolution Wellness, Simon Flint berkomentar bahwa perusahaan baru ini akan membuka halaman baru untuk Celebrity Fitness dan Fitness First.

Menurut dia, selama bertahun-tahun, kedua merek ini telah menetapkan diri sebagai pionir dan tepercaya di sektor kesehatan dan kebugaran, terkemuka di pasar, serta memberikan keunggulan dan inovasi untuk anggota mereka.

Dengan demikian, penggabungan ini akan memungkinkan Evolution Wellness untuk beroperasi dengan skala, jangkauan, dan efisiensi yang meningkat.

Hal itu untuk meningkatkan pengalaman para anggota dua klub melalui perluasan berlanjut dari jaringan klub, inovasi, dan evolusi produk yang lebih cepat, serta standar pelayanan yang meningkat.

"Saya yakin kami akan terus memberikan energi untuk pasar kebugaran Asia dengan keahlian dan pengalaman kolektif yang kami miliki saat ini sebagai sebuah kesatuan yang terpadu," kata Flint melalui siaran pers ke Kompas.com.

Evolution Wellness akan mempunyai kehadiran yang signifikan di tingkat regional pascamerger, dengan skala operasional di empat negara utama.

Di Indonesia ada 46 klub, di Malaysia 35 klub, di Thailand 28 klub, dan di Singapura 21 klub. Untuk pertumbuhan bisnisnya, Evolution Wellness didukung oleh sponsor kuat di bidang finansial, yakni Navis Capital Partners dan dana yang dikelola oleh Oaktree Capital Management, LP.

Sebagai gambaran, berdasarkan laporan International Health, Racquet and Sportsclub Association (IHRSA), rata-rata keanggotaan gym di Asia Tenggara mencapai 4,2 persen.

Tertinggi di Singapura (4,1 persen), disusul Filipina (2,3 persen), Malaysia (0,8 persen), Thailand (0,5 persen), dan Indonesia (0,1 persen).

Jika dibandingkan di negara Barat, penetrasi anggota gym ini masih kecil. Contohnya di Australia, penetrasi anggota gym mencapai 14,8 persen, di Inggris mencapai 12,4 persen, dan di Selandia Baru mencapai 11,4 persen. kbc10

Bagikan artikel ini: