9 Anak usaha BUMN siap melantai di bursa pada 2017

Sabtu, 4 Maret 2017 | 10:08 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memastikan sepanjang 2017 sembilan anak usaha perusahaan pelat merah bakal melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) melalui pencatatan perdana saham (Initial Public Offering/IPO).

Hal tersebut diungkapkan Deputi Bidang Rekstrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian BUMN Aloysius Kiik Ro di Kawasan Sunda Kelapa, Jakarta, Jumat (3/3/2017). "Jadi nanti akan ada 9 anak usaha BUMN yang akan IPO," kata Aloy.

Aloy mengaku, 9 anak usaha yang akan IPO pada 2017 ini adalah anak usaha PT Pertamina yakni PT Tugu Pratama, anak usaha Pelindo II yakni Jasa Armada dan sisanya anak usaha BUMN tbk yang tidak bisa disebutkan nama induk perusahaannya.

"Seperti sektor penerbangan yang anak usahanya akan melepas 20% saham, sektor konstruksi, properti, kemudian sektor manufacturing," tambahnya.

Lanjut Aloy, aksi korporasi dengan melakukan IPO sebagai upaya BUMN memanfaatkan pasar modal. Diharapkan, dari 9 anak usaha yang melantai mendapatkan dana segar Rp 21 triliun.

Tidak hanya itu, dalam meraih dana segar baru juga BUMN akan memanfaatkannya dengan menerbitkan obligasi, rights issue serta instrumen baru yakni sekuritisasi.

Saat ini, dari total kapitalisasi pasar saham, perusahaan BUMN menguasai 26% dari 20 perusahaan pelat merah yang sudah melantai di pasar saham.

"Kalau yang instrumen baru, yaitu sekuritisasi itu akan dilakukan oleh anak usaha PLN melalui penerbitan KIK-EBA," tandasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: