Garuda akhirnya aktifkan kembali rute ke kawasan timur Indonesia ini

Senin, 13 Maret 2017 | 07:29 WIB ET

Ambon, kabarbisnis.com: Garuda Indonesia akan mengaktifkan kembali rute Surabaya - Ambon mulai 2 Mei 2017.

"Sesuai jadwal, rute Surabaya - Ambon akan diaktifkan kembali mulai 2 Mei 2017, kami berharap dengan dioperasionalkan kembali rute tersebut dapat meningkatkan jumlah penumpang ke kawasan timur Indonesia," kata GM Garuda Indonesia Cabang Ambon, Sonny Pongoh, di Ambon, Minggu (12/3).

Menurut dia, rute Surabaya - Ambon sebelumnya beroperasional tetapi dialihkan ke rute lainnya di Indonesia, selanjutnya tahun ini dipilih kembali untuk dioperasionalkan.

Rute Surabaya - Ambon juga akan terhubung ke Sorong, sehingga penumpang yang akan ke Sorong tidak perlu menunggu waktu lama, tetapi dapat langsung melanjutkan penerbangan.

Operasional rute tersebut akan menggunakan pesawat jenis SRJ next generation dari Surabaya ke Ambon dan dilanjutkan dengan pesawat baru jenis ATR.

"Selama ini cukup banyak masyarakat yang bertanya kenapa rute Surabaya - Ambon tidak beroperasi, tetapi kami berupaya memenuhi keinginan masyarakat. Saat ini persiapan operasional telah mencapai 85 persen kami berharap hingga hari H seluruhnya berjalan lancar," ujarnya seperti dikutip Antara.

Menurut Sonny, rute ini dipilih karena Ambon memiliki banyak destinasi pantai yang bagus yang belum dijamah oleh wisatawan, sedangkan untuk di Sorong para traveler bisa mengunjungi wisata Raja Ampat.

"Pembukaan rute baru Surabaya, Ambon dan Sorong dan diharapkan mampu memenuhi target Garuda melayai kawasan Indonesia timur," tandasnya.

Ia menyatakan, selain mengoperasionalkan rute tersebut dalam waktu dekat pihaknya juga akan membuka rute baru tujuan Ambon - Nabire. Proses pembukaan rute baru dilakukan setelah mendapat keputusan manajeman dan Dirjen Perhubungan Udara terkait kelayakan rute tersebut.

"Pembukaan rute baru harus berdasarkan usulan kantor perwakilan, kami melihat rute tersebut layak untuk dibuka karena peluang penerbangan ke Indonesia Timur semakin hari mengalami peningkatan terutama untuk tujuan Ambon - Nabire," ujarnya.

Diakuinya, penjajakan rute baru dibuka dalam rangka untuk mencoba penetrasi pasar penerbangan wilayah timur.

"Kami menilai rute ini cukup menguntungkan sehingga layak untuk dibuka. Setelah membuka rute Ambon - Sorong kami mencoba membuka rute baru di Papua yakni Nabire," katanya.

Ditambahkan Sonny, pembukaan rute baru tersebut sekaligus menambah rute-rute yang telah dilayani sebelumnya di kawasan timur.

Rute Ambon - Nabire membantu koneksi penerbangan intra Papua yakni Biak, Timika, Kainama dan sejumlah daerah lainnya. kbc1

Bagikan artikel ini: