Liburan ke Luar Negeri, Perhatikan Ini Sebelum Mengurus Visa!

Rabu, 15 Maret 2017 | 23:17 WIB ET

Paris? London? Atau mungkin Jepang? Korea? Pasti ada kan negara-negara di benua lain yang sangat ingin Anda kunjungi? Jika ada dana lebih, liburan ke luar negeri mungkin bisa jadi salah satu alternatif untuk tahun ini. Setelah puas jalan-jalan berkeliling Indonesia, sudah waktunya Anda tahu juga bagaimana rasanya pergi berwisata ke negara tetangga.

Tentunya harus menempuh jalur udara, jika Anda ingin cepat sampai ke tujuan. Well, Garuda Indonesia mungkin bisa jadi pilihan untuk perjalanan super jauh Anda kali ini. Ya, maskapai yang satu ini memang tak hanya punya rute penerbangan antar kota dalam negeri saja. Garuda Indonesia juga punya rute-rute jauh ke negara-negara yang mungkin jadi impian Anda.

Memilih untuk berwisata ke luar negeri, berarti Anda sudah siap dengan biaya yang tentunya tak sedikit. Maka, hal pertama yang harus Anda lakukan jika memang ingin pergi berwisata jauh, tentu saja memastikan punya tabungan yang cukup. Harus ada saldo yang cukup dalam rekening tabungan Anda, yang akan diperiksa saat pengajuan permohonan visa. 

Sudah tahu kan, untuk mengurus visa, tiap negara punya kebijakan dan tarif yang berbeda-beda? Saldo tabungan yang akan diperiksa ini bukan yang serta-merta masuk ke rekening sejumlah itu, tapi Anda harus mempersiapkannya paling tidak sepanjang tiga bulan terakhir sebelum pengajuan permohonan visa. Ini untuk memastikan bahwa Anda punya penghasilan tetap.

Mengapa diberlakukan kebijakan demikian? Ada beberapa negara yang tak ingin siapapun yang berkunjung ke negaranya lantas mencari pekerjaan dan menetap di sana, kecuali jika memang ada surat penugasan atau Anda pergi ke luar negeri untuk keperluan pekerjaan. Nah, dengan siklus saldo yang konsisten, diharapkan Anda memang sudah punya pekerjaan dan bakal kembali ke Indonesia.

Di beberapa negara, selain data rekening tabungan, pengajuan permohonan visa juga harus dilengkapi dengan personal identity, surat nikah bagi yang sudah menikah, bukti pembelian tiket pesawat yang tadi dicontohkan dengan Garuda Indonesia, dan juga bukti pemesanan hotel atau penginapan lain. Pihak kedutaan perlu tahu di mana Anda akan tinggal selama di negaranya.

Sebelum mengajukan permohonan visa ini, terlebih dahulu sebaiknya Anda cek ketersediaan tiket maskapai seperti Garuda Indonesia misalnya (agar lebih simpel boleh lihat di Traveloka Garuda atau travel agent lainnya). Dengan bantuan travel agent seperti ini, akan lebih memudahkan, karena mereka yang akan memberikan konfirmasi detail soal tiket perjalanan Anda pada pihak kedutaan. So, Anda tinggal urus keperluan lainnya.

Mengajukan permohonan visa memang susah-susah gampang. Jika Anda punya sponsor atau pihak penjamin yang memang mengundang Anda untuk datang ke negara tersebut, maka akan lebih mudah. Namun jika Anda pergi sendiri tanpa punya tujuan, sanak saudara di sana, maka hal-hal yang disebutkan di atas tadi harus benar-benar Anda perhatikan kelengkapannya.

Nah! Masih ingin pergi berlibur ke luar negeri? Yuk mulai siapkan dari sekarang segala yang diperlukan, terutama paspor! Buku kecil yang satu ini tentunya yang harus selalu ada jika Anda akan bepergian ke luar negeri. Jangan lupa juga, ajukan cuti di dekat weekend, agar bisa lebih lama menikmati liburan. Jika tiket Garuda Indonesia tadi sudah di tangan, maka selamat mempersiapkan berlibur!

Bagikan artikel ini: