Oppo F3 Plus, smartphone selfie rame-rame resmi meluncur

Kamis, 23 Maret 2017 | 22:01 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Oppo tampaknya terus berupaya memperkuat segmen smartphone dengan keunggulan pada kamera dan aktivitas fotografi. Kali ini pabrikan ini merilis smartphone terbarunya untuk seri Selfie Expert, yakni Oppo F3 Plus.

Oppo F3 Plus menonjolkan fitur dual kamera selfie dan lensa wide angle yang diklaim memberikan pengalaman selfie berbeda dan lebih baik dari biasanya.

Dual kamera depan selfie pada F3 Plus hadir dengan formasi kamera depan 16 MP dan 8 MP. Kamera depan 8 MP menjadi pembeda pada seri smartphone ini, sebab disematkan dengan lensa wide angle, bersudut 120 derajat. Dengan bekal lensa lebar itu, maka Oppo mengatakan pengguna bisa group selfie secara beda dan diklaim menghasilkan foto yang berbeda.

Oppo menyebutkan, lensa wide angle ini mampu menangkap gambar 105 persen lebih luas dari lensa 80 derajat yang umum tersemat pada smartphone canggih pada saat ini.

"F3 Plus juga dilengkapi dengan lensa kamera 6P yang memungkinkan orang lebih banyak tertangkap di kamera dengan minimum distorsi," ujar Public Relations Executive Oppo Indonesia, Suwanto, dalam keterangannya, Kamis (23/3/2017).

Kamera depan 16 MP pada inti kamera terdapat sensor 1/3 inci yang memungkinkan peningkatan cahaya dan ketajaman hasil gambar.

Masih soal kamera, di bagian belakang Oppo menyematkan kamera 16 MP sensor Sony IMX398 dengan teknologi dual Phase Detection Autofocus (PDAF). Dengan formasi tersebut, fokus kamera akan lebih cepat 40 persen meski dalam kondisi cahaya yang kurang. Dengan bukaan f/1.7, hasil gambar diklaim akan lebih jelas dan tajam.

Seiring dengan peningkatan teknologi kamera, Oppo membuat desain F3 Plus tetap indah dan enak dipandang mata. F3 Plus hadir dengan layar 6 inci 2,5D Corning Gorilla Glass 5 yang melindungi dan berdaya tahan kuat. Sementara eksterior smartphone ini berbodi metal unibody.

"Tantangan desain smartphone full metal yakni metal bisa memblokir sinyal. Kami dengan inovasi enam antena, bisa menjadi solusi sinyal lemah saat di dalam ruangan," kata dia.

Sisi estetika tak melupakan performa F3 Plus. Oppo melengkapi performa dengan solusi pengisian daya cepat VOOC Flash Charge yang diklaim sebagai teknologi pengisian daya tercepat dan teraman saat ini.

Suwanto menyebutkan, pengisian daya aman sebab teknologi pengisian VOOC mampu mengendalikan suhu smartphone. "Dalam uji daya, F3 Plus bisa dipakai selama 16 jam 45 menit. Charge hanya 30 menit bisa terisi daya 75 persen. Rata-rata pengecasan 1 jam 34 menit," ujar dia.

Guna menambah kenyamanan, Oppo menyematkan fitur perlindungan pribadi di F3 Plus dengan fitur pemindai sidik jari, Lighting-Fast Touch Access. Pada fitur biometrik ini, Oppo meningkatkan dengan menghilangkan sensor sidik jari berbasis tombol dengan langsung pada layar.

Peningkatan ini, kata Suwanto, bertujuan untuk mempercepat akses pengguna ke smartphone. Sebab sebelumnya, dengan fitur sidik jari berbasis tombol, pengguna harus melakukan dua langkah akses pengamanan. "Yang sebelumnya, masih dua langkah. Buka sensor dan mengaktifkan. Sekarang satu langkah langsung aktif dengan cepat," kata dia.

Sebagai pendukung performa, F3 Plus hadir dengan prosesor octa core Qualcomm MSM8976 Pro 1,95 GHz dan GPU Adreno 510 GPU, RAM 5 GB, penyimpanan internal 64 GB dan dapat ditingkatkan sampai 256 GB. Untuk baterai, F3 Plus disokong baterai kapasitas 4000 mAh.

F3 Plus bersistem operasi Android Marsmellow dengan ColorOS 3.0. Smartphone terbaru Oppo ini tersedia dalam warna hitam dan emas dan dibanderol Rp6,499 juta.

F3 Plus sudah tersedia mulai 1 April 2017 dan sudah bisa dipesan di seluruh toko Oppo di Indonesia. kbc10

Bagikan artikel ini: